KPU Undi Nomor Urut Cagub-Cawagub Kalimantan Timur Hari Ini

KPU Undi Nomor Urut Cagub-Cawagub Kalimantan Timur Hari Ini

Terkini | kutai.inews.id | Senin, 23 September 2024 - 07:40
share

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur akan melakukan pengundian nomor urut calon gubernur-calon wakil gubernur Kaltim di Aula Kantor KPU, Senin (23/9/2024) hari ini.

Dua pasangan calon yakni Isran Noor-Hadi Mulyadi dan Rudy Mas'ud-Seno Aji dijadwalkan menghadiri pengundian nomor urut. Kedua pasangan sebelumnya dinyatakan sudah memenuhi syarat administratif untuk ditetapkan sebagai paslon pada rapat pleno tertutup, Minggu (22/9/2024).

"Pasangan calon akan mengikuti pengundian nomor urut di Aula KPU Kaltim, besok " kata Ketua KPU Kaltim Fahmi Idris.

Dia menjelaskan, keduanya ditetapkan sebagai paslon setelah melalui tahapan penelitian dan verifikasi dokumen syarat calon serta tanggapan masyarakat.

"Tidak ada tanggapan masyarakat dan dari hasil verifikasi dokumen kedua paslon yang mendaftar dinyatakan memenuhi syarat administrasi," ujarnya.

Selain itu, KPU juga telah menetapkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024 sebanyak 2.821.202 pemilih.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kaltim, Sufian Agus mengatakan jika suhu politik di Kaltim semakin meningkat menjelang pilkada. Hal ini menuntut semua pihak untuk memastikan pelaksanaan pilkada yang inklusif dan sesuai dengan asas demokrasi: langsung, umum, bebas, jujur, rahasia, dan adil.

Sebagai daerah yang heterogen, Sufian Agus mengingatkan pentingnya sikap toleransi dan kedewasaan berpolitik dari seluruh warga, sehingga pilkada dapat berjalan kondusif.

"Apapun hasilnya, baik yang menang maupun yang kalah, harus menerima dengan lapang dada. Kaltim yang terdiri dari beragam suku, agama, dan adat, menjadi contoh harmoni kehidupan berbangsa yang damai," ucapnya.

Topik Menarik