6 Kapolda yang Bertugas di Pulau Sulawesi, Nomor Buncit Pati Polri Termuda

6 Kapolda yang Bertugas di Pulau Sulawesi, Nomor Buncit Pati Polri Termuda

Infografis | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 13:30
share

Terdapat enam Kapolda di Sulawesi yang masih menjabat hingga saat ini. Dua di antaranya baru saja menempati posisi barunya setelah mutasi 20 September 2024.

Enam Kapolda di Sulawesi ini mewakili masing-masing provinsi yang ada di pulau tersebut. Seperti Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: Daftar Lengkap Deretan 17 Kapolres Baru yang Dimutasi Kapolri

Tugas utama Kapolda ini adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di lingkungan hukumnya.

Daftar 6 Kapolda di Sulawesi

1. Irjen Pol Dwi Irianto - Kapolda Sulawesi Tenggara

Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Dwi Irianto telah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tenggara sejak dimutasi pada 26 April 2024. Sebelumnya, pria asal Lampung ini sempat menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Tenggara dari tahun 2023.

Baca juga: Rekam Jejak Kombes Pol Luthfie Sulistiawan, Kapolrestabes Surabaya Putra Asli Sleman

Dalam riwayat kariernya, lulusan Akpol 1991 ini pernah menduduki jabatan Kasubdit Bankum BNN tahun 2019, Kepala BNNP Jambi tahun 2020, dan Analis Kebijakan Utama Bidang Pidter Bareskrim Polri pada tahun 2020.

2. Irjen Pol Agus Nugroho - Kapolda Sulawesi Tengah

Irjen Pol. Agus Nugroho telah menjabat sebagai Kepala Polda Sulteng sejak mutasi 27 Maret 2023 lalu. Sebelumnya, pria asal Bandung ini sempat menjabat sebagai Deputi IV Bidang Penindakan BPOM.

Lulusan Akpol 1991 ini tercatat pernah menjabat sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri tahun 2018, dan Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri pada 2020. Dirinya juga pernah mengikuti Pelatihan Keamanan Cyber dan Digital Forensik, Florida, USA tahun 2020.

3. Irjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi - Kapolda Gorontalo

Lulusan Akpol 1989 ini telah menjabat sebagai Kepala Polda Gorontalo sejak 28 Februari 2024. Kala itu, ia menggantikan Irjen Angesta Romanol Yoyol yang telah masuki usia pensiun.

Baca juga: Kisah Heroik Jenderal Sintong Panjaitan Pimpin Pasukan Senyap Hancurkan PKI Secepat Kilat

Sebelumnya, Pudji Prasetijanto Hadi sempat menjabat sebagai Wakapolda Gorontalo sejak tahun 2020. Dia juga pernah duduki posisi Karo SDM Polda Bengkulu pada 2012, dan Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri.

4. Irjen Pol Adang Ginanjar - Kapolda Sulawesi Barat

Raden Adang Ginanjar Saputra menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat sejak 24 Juni 2023 lalu. Sebelumnya, ia sempat mengemban amanah sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Dalam riwayat kariernya, lulusan Akpol 1989 asal Tasikmalaya ini pernah menduduki posisi Kabagkonvinter Sekretariat NCB-Interpol Divhubinter Polri, dan Kepala Biro Umum Sekretariat Militer Presiden di tahun 2020.

5. Irjen Pol Yudhiawan Wibisono - Kapolda Sulawesi Selatan

Irjen Pol Yudhiawan Wibisono jadi Kapolda baru di Sulses setelah mutasi 20 September 2024. Dia menggantikan Irjen Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi yang dipindah tugaskan ke Polda Sumatera Selatan.

Sebelumnya, lulusan Akpol 1991 ini sempat menduduki posisi Kapolda Sulawesi Utara sejak tahun 2023. Dirinya juga tercatat pernah menjabat sebagai Direktur Koordinasi dan Supervisi II KPK tahun 2021, dan Sahlisospol Kapolri pada 2023.

6. Irjen Pol Roycke Harry Langie - Kapolda Sulawesi Utara

Irjen Pol Roycke Harry Langie baru menjabat sebagai Kapolda Sulut setelah mutasi 20 September 2024. Dia menggantikan Irjen Pol Yudhiawan Wibisono yang dipindahkan ke Polda Sulawesi Selatan.

Lulusan Akpol 1994 ini bisa dibilang sebagai Kapolda di Sulawesi yang termuda untuk saat ini. Sebelumnya, ia sempat menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri sejak 2023. Dia juga pernah bertugas sebagai Wakapolda Bali di tahun 2020.

Topik Menarik