Haru dan Khidmat, Kapolda Riau Lepas Brigjen TNI Dany Rakca dengan Tradisi Pedang Pora

Haru dan Khidmat, Kapolda Riau Lepas Brigjen TNI Dany Rakca dengan Tradisi Pedang Pora

Infografis | sindonews | Kamis, 26 September 2024 - 17:55
share

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menggelar upacara penyambutan dan pelepasan Danrem 031/Wirabima baru dan lama di Mapolda Riau, Kamis (26/9/2024) pagi, sekitar pukul 07.00 Wib. Gerimis tidak menghalangi penyambutan Danrem 031/Wirabima baru Brigjen TNI Sugiyono bersama istri.

Penyambutan ini digelar secara gegap gempita terlihat dari keberadaan seluruh personel Polda Riau, Pejabat Utama (PJU) serta seluruh Kapolres Jajaran Polda Riau di sepanjang jalan masuk Mapolda Riau. Tiba di Mapolda, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal yang telah menunggu langsung mengalungkan bunga kepada Brigjen TNI Sugiyono. Untuk buket bunga diberikan Ketua Bhayangkari kepada Ketua Persit KCK Koorcab Rem 031/WB. Baca juga:Wujudkan Pilkada Damai, Kapolda Riau Ajak Tiga Pasangan Calon Duduk Bareng Saat memasuki Mapolda, Danrem dan istri langsung disambut dengan tari persembahan yang disuguhkan personel Polda Riau. Selanjutnya dilakukan Apel Kehormatan dalam rangka Penerimaan dan Pelepasan Danrem 031/Wirabima di halaman Mapolda Riau, yang diikuti Danrem 031/Wirabima dan seluruh pimpinan Forkompimda Riau mengikuti apel kehormatan. Selepas penyambutan satu persatu Danrem 031 Wira Bima yang lama dan baru bergiliran menyampaikan sambutannya di depan personel TNI-Polri yang berbaris mengikuti apel di lapangan Apel Mapolda Riau. Kemudian Kapolda langsung memberikan cindera mata kepada Brigjen TNI Dhani Rakca, sebuah pedang dan miniatur Mapolda Riau.

Usai apel, Brigjen TNI Dhani Rakca yang akan bertugas di Mabesad mengaku sangat terhormat atas acara yang dibuat Polda Riau. “Saya mengapresiasi kegiatan sangat luar biasa ini,” ungkap Brigjen TNI Dhani Rakca. Ia melihat hubungan antara Korem, Polda dan Pemprov Riau sangat solid. Dia tidak menyangka diberikan kegiatan seperti ini.

”Saya berangkat ke tempat yang baru dan diantar terhormat seperti ini. Saya juga mohon maaf kepada masyarakat Riau apabila selama menjabat Danrem ada yang kurang baik dan kurang tepat,” ujarnya.

Sementara, Danrem 031/WB Brigjen TNI Sugiyono menyampaikan, suatu yang tidak terkira baginya disambut dengan penuh suka cita. Hal ini menggambarkan sinergitas TNI Polri tetap selalu dipelihara dan ditingkatkan guna mendukung program-program pembangunan di Riau. “Sinergitas TNI Polri harus tetap dijaga, khususnya saat ini kita menyelenggarakan Pilkada serentak yang masih berlangsung. Harapannya masyarakat Riau bisa menyukseskan Pilkada secara damai,” katanya. Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, ia sengaja membuat kegiatan pelepasan dan penerimaan Danrem 031/Wirabima secara khusus. Hal ini karena TNI dan Polri merupakan satu kesatuan. Instansi yang terbentuk dan menjadi saudara kandung, yang tujuannya membangun dan menjaga keamanan di Indonesia. Baca juga:6 Danrem Naik Pangkat Jadi Brigjen Awal September 2024, Ini Daftar Namanya “Jadi Polda Riau dan Korem 031/Wirabima adalah saudara kandung, sementara Ibu kandungnya adalah rakyat dan masyarakat Riau. Kita bersama-sama TNI Polri dan pemerintah harus selalu berkolaborasi dan bersinergi mengamankan Provinsi Riau," kata Irjen Iqbal. Setelah apel, Brigjen TNI Dany Rakca dan istri dilepas dengan tradisi pedang pora oleh para perwira pertama Polda. Selanjutnya, diantar kembali ke Korem 031/Wirabima menggunakan mobil Baracuda, dan dikawal Kapolda dan segenap Forkopimda serta para pejabat utama Polda Riau menggunakan sepeda motor.

Topik Menarik