Ditenagai Nvidia DGX SuperPOD, Superkomputer Aspire 2A+ Mampu Mempercepat Simulasi Rumit 

Ditenagai Nvidia DGX SuperPOD, Superkomputer Aspire 2A+ Mampu Mempercepat Simulasi Rumit 

Terkini | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:27
share

JAKARTA, iNews.id - National Supercomputing Centre (NSCC) menghadirkan Aspire 2A+. Superkomputer AI ini sudah ditenagai NVIDIA DGX SuperPOD. 

Aspire 2A+ DGX SuperPOD dirancang untuk mempercepat terobosan simulasi rumit hingga penemuan berbasis data di berbagai bidang ilmiah. Misalnya, material, biomedis, dan perawatan kesehatan. 

Sebagai superkomputer NVIDIA DGX SuperPOD, sistem NSCC dirancang menjalankan AI dan aplikasi komputasi berkinerja tinggi secara efisien. Dengan platform software NVIDIA AI Enterprise yang didukung sistem DGX, peneliti NSCC bisa mengembangkan dan menggunakan aplikasi AI produksi. 

“Didukung oleh NVIDIA DGX SuperPOD, superkomputer AI ini dapat membantu Singapura mengembangkan model-model AI, menjaga kedaulatan data dan mendorong inovasi di bidang-bidang penting seperti komputasi kuantum, penemuan obat, dan penelitian iklim,” kata Tony Paikeday, direktur senior platform DGX NVIDIA.

Mendukung Strategi AI Nasional 2.0 dan pertumbuhan ekonomi Singapura, Aspire 2A+ DGX SuperPOD akan digunakan untuk mempercepat terobosan di berbagai bidang, mulai dari simulasi yang rumit hingga penemuan berbasis data.

Aspire 2A+ telah digunakan para pengguna dari program LLM dan inisiatif rekayasa kuantum di Singapura. Hal ini memungkinkan pelatihan LLM dan simulasi jaringan tensor yang dipercepat dengan GPU untuk sirkuit kuantum dalam skala besar.

Peluncuran Aspire 2A+ menjadi fase baru dalam kolaborasi berkelanjutan antara NVIDIA dan NSCC, yang dimulai pada tahun 2017 dengan integrasi sistem NVIDIA DGX-1 ke dalam superkomputer ASPIRE 1 milik NSCC.

Topik Menarik