Pabrik Pesawat Militer Diserang, Turki Bombardir Basis PKK di Suriah dan Irak

Pabrik Pesawat Militer Diserang, Turki Bombardir Basis PKK di Suriah dan Irak

Terkini | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:27
share

ISTANBUL, iNews.id - Angkatan Udara (AU) Turki menghancurkan puluhan target Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Suriah utara dan Irak, Rabu (23/10/2024). Serangan besar-besaran itu dilakukan beberapa jam setelah serangan teror terhadap pabrik pesawat militer TUSAS di Ankara.

Stasiun televisi TRT Haber, mengutip keterangan Kementerian Pertahanan Turki, melaporkan setidaknya 32 target di Suriah dan Irak menjadi target serangan jet-jet tempur.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab dalam serangan tersebut, namun hasil penyelidikan awal mengindikasikan pelakunya adalah PKK, kelompok separatis yang dimasukkan dalam daftar teroris oleh Turki.

TRT Haber melaporkan, serangan tersebut menyebabkan tewasnya sejumlah besar anggota PKK.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mempercepat kunjungannya ke Kaza, Rusia, untuk mengikuti KTT BRICS. Dia mengatakan serangan teror itu menewaskan empat orang yang kemudian direvisi oleh Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya menjadi lima orang. Selain itu 22 orang lainnya menderita luka, 19 di antaranya dirawat di rumah sakit. Dua dari korban luka dalam kondisi kritis.

Sementara itu dua pelaku juga tewas dalam baku tembak dengan pasukan khusus. Mereka meledakkan bom di fasilitas produksi TUSAS kemudian melepaskan tembakan membabi-buta.

Konflik bersenjata antara PKK dan pemerintah Turki bermula pada 1984, kemudian kembali berkobar pada 2015. Organisasi yang memperjuangkan berdirinya negara Kurdi merdeka, termasuk di wilayah Turki, mendirikan pangkalan di Suriah Utara dan Irak.

Topik Menarik