Bukan Cuma Prabowo, Ini 7 Presiden dan Perdana Menteri Boyong Kucing ke Istana

Bukan Cuma Prabowo, Ini 7 Presiden dan Perdana Menteri Boyong Kucing ke Istana

Terkini | inews | Rabu, 23 Oktober 2024 - 11:48
share

JAKARTA, iNews.id - Deretan presiden di dunia yang memelihara kucing di istana atau kantor masing-masing menarik diketahui. Kucing Presiden Prabowo Subianto, Bobby Kertanegara, baru-baru ini menjadi viral setelah video dan fotonya saat berada di Istana Negara diunggah ke media sosial.

Bobby menjadi penghuni baru Istana Negara, tempat Prabowo berkantor setelah dilantik pada Minggu (20/10/2024).

Meski mengusung nama belakang Kertanegara, merujuk pada kediaman Prabowo di Jakarta Selatan, Bobby bisa tinggal di mana saja. Bahkan, mungkin saja diboyong Prabowo ke Istana Ibu Kota Nusantara (IKN).

Prabowo mungkin presiden pertama di Indonesia yang memboyong kucing ke kantornya. Namun di luar negeri, banyak pemimpin yang sudah membawa kucing ke kantor mereka.

Berikut presiden dan perdana menteri di dunia yang memboyong kucing ke istana:

1. Joe Biden (Amerika Serikat)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menambah koleksi hewan peliharaan di Gedung Putih pada Januari 2022 dengan memboyong kucing bernama Willow. Kucing asal Pennsylvania itu melengkapi koleksi hewan peliharaan Biden di Gedung Putih setelah memboyong tiga ekor anjing gembala Jerman.

Kucing bermata hijau berusia 4 tahun itu menjadi anggota baru keluarga Biden menyusul Commander. Sebelumnya Biden juga memiliki dua anjing lainnya, yakni Champ dan Major. Namun Champ mati pada Juni 2021 di usia 13 tahun.

2. Keir Starmer (Inggris)

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer memboyong kucingnya bernama Prince ke kantor perdana menteri Downing Street 10 setelah menjabat pada Juli 2024. Prince menemani Larry The Cat, kucing penunggu Downing Street yang sudah tinggal sejak 2011. Prince merupakan kucing Siberia.

Dia merupakan anak kucing lucu dan menggemaskan. Bersama Larry, mereka terlihat berkeliaran di taman sambil mengintai burung merpati. Selain itu mereka juga dan kerap hadir dalam jumpa pers. 

3. Andrez Manuel Lopez Obrador (Meksiko)

Tak tanggung-tanggung, Presiden Meksiko Lopez Obrador memelihara 19 ekor kucing sekaligus. Mereka sebenarnya kucing liar penghuni lama dan baru istana kepresidenan Meksiko. Uniknya, Lopez Obrador sampai mengeluarkan keputusan untuk menjaga kucing-kucing tersebut.  

Presiden Lopez Obrador mengeluarkan surat keputusan yang menjadikan 19 kucing itu sebagai aset tetap hidup, satwa pertama di Meksiko yang menerima gelar tersebut. Mereka boleh mengakses semua tempat di istana, masuk ke ruang rapat, menghadiri wawancara, hingga muncul di depan kamera.

Istilah aset tetap biasanya merujuk pada bangunan dan peralatan, namun kali ini diterapkan pada kucing. Oleh kerena itu Kementerian Keuangan memiliki kewjiban tambahan untuk membuat anggaran pemeliharaan kucing-kucing tersebut, bahkan setelah Lopez Obrador lengser belum lama ini.

4. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln merupakan presiden AS yang dikenal pecinta kucing. Dia memiliki dua kucing saat menjabat di Gedung Putih, yakni Tabby dan Dixie. Bukan hanya itu, Lincoln juga memboyong kucing-kucing liar ke kantornya. 

5. John F Kennedy

Tom Kitten, kucing Kennedy, pertama kali diperkenalkan ke media pada 1961. Kucing itu sebenarnya milik putri Kennedy, Caroline. Karena Kennedy alergi, kucing itu menghabiskan sebagian besar waktunya di Gedung Putih bersama staf Mary Gallagher.

Meski demikian Caroline boleh mengunjungi dan bermain dengan hewan menggemaskan itu kapan pun dia mau.

6. George W Bush

George W Bush juga memboyong kucing hitam ke Gedung Putih yakni India atau biasa juga dipanggil Willie. Dia diadopsi oleh keluarga George W Bush sebelum masuk Gedung Putih atau saat anak-anaknya masih kecil. 

Willie tinggal bersama keluarga itu selama hampir 20 tahun sebelum mati beberapa pekan sebelum Barack Obama memulai jabatannya di Gedung Putih.

7. Bill Clinton

Socks, kucing keluarga Clinton, merupakan salah satu kucing kepresidenan paling terkenal dalam sejarah. Dia bahkan memiliki halaman Wikipedia sendiri. 

Keluarga Clinton mengadopsi kucing itu di Arkansas sebelum pindah ke Gedung Putih. Meski disukai banyak orang, ada yang tidak suka dengan Socks, tentu saja dia anjing peliharaan Clinton, Buddy.

Ada banyak presiden AS lain yang memboyong kucing ke Gedung Putih, seperti Jimmy Carter dan Ronald Reagen. 

Topik Menarik