Luhut-Budi Karya Resmikan Bandara Dhoho Kediri, Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi di Selatan Pulau Jawa

Luhut-Budi Karya Resmikan Bandara Dhoho Kediri, Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi di Selatan Pulau Jawa

Terkini | inews | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 13:04
share

KEDIRI, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan secara simbolis pengoperasian Bandara Dhoho Kediri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (18/10/2024). 

Luhut menuturkan, kehadiran Bandara Dhoho menjadi sangat penting untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah selatan Pulau Jawa. 

"Ini adalah momen penting bagi pengembangan konektivitas dan ekonomi," ucap Luhut dalam sambutan.

Menko Luhut menambahkan, Bandara Dhoho Kediri menjadi proyek percontohan pertama di Indonesia dengan skema KPBU unsolicited, dimana inisiatif proyek datang dari pihak swasta dan didukung oleh Pemerintah bandara mencerminkan kolaborasi efektif antara sektor publik dan swasta, menjadi contoh bagaimana skema KPBU dapat mengatasi tantangan pembangunan dengan cepat dan efisien.
 
"Pembangunan bandara ini sejalan dengan visi Pemerintah yaitu memperluas konektivitas tidak hanya di jalur utara, tetapi juga wilayah selatan Jawa Timur," tuturnya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi PT Surya Dhoho Investama (SDhI), anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk, yang telah membangun Bandara Dhoho dengan total investasi mencapai Rp12 triliun. 

Menurutnya, ini merupakan kali pertama pihak swasta mendedikasikan dana sebesar itu untuk kepentingan infrastruktur transportasi di Indonesia. 

“Bandara Dhoho merupakan bukti bahwa pihak swasta punya komitmen yang kuat untuk membangun konektivitas di tanah air. Semoga langkah ini bisa dicontoh oleh pihak-pihak swasta lainnya di dalam negeri,” kata Budi Karya. 

Sebagai informasi, Bandara Dhoho Kediri dioperasikan oleh Angkasa Pura Airports sejak 29 Maret 2023 berdasarkan Kerja Sama Operasi (KSO) antara Angkasa Pura Airports dengan PT Surya Dhoho Investama (PT SDHI).

Bandara Dhoho memiliki landasan pacu sepanjang 3.300 meter dan lebar 45 meter, sehingga mampu didarati oleh pesawat berjenis wide-body. Sejak soft launching pada 5 April 2024 lalu, bandara ini telah melayani lebih dari 20.000 penumpang, dengan 175 pergerakan pesawat.

Topik Menarik