Kebakaran Pabrik Styrofoam di Gresik, Petugas Damkar 5 Jam Berjibaku Padamkan Api

Kebakaran Pabrik Styrofoam di Gresik, Petugas Damkar 5 Jam Berjibaku Padamkan Api

Terkini | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 10:09
share

GRESIK, iNews.id - Kebakaran hebat terjadi di pabrik styrofoam dan spon busa PT Sentral Harapan Jaya di Jalan Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (17/10/2024) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini tetapi kobaran api membuat panik warga dengan kerugian materiel mencapai miliaran rupiah.

Kebakaran yang terjadi disertai dengan suara ledakan sehingga membuat warga panik. Kuatnya embusan angin dan banyaknya material mudah terbakar dalam pabrik membuat api dengan cepat menyebar serta menghanguskan bangunan di sekitarnya.

Informasi diperoleh iNews, lokasi pabrik terbakar ini dekat dengan permukiman warga. Mereka sempat khawatir api terus merembet sampai ke rumah warga.

Dalam upaya pemadaman, warga besama pegawai pabrik bergotong-royong memindahkan kendaraan dan benda berharga agar tidak ludes dilahap api. Namun ada satu unit truk tidak terselematkan dan dibiarkan hangus terbakar.

Kadis Damkarla Gresik mengatakan, kebakaran terjadi saat tidak ada aktivitas pekerja dalam pabrik, Kamis (17/10/2024) dini hari.

"Ada tujuh unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Gresik dan sejumlah perusahaan yang diterjunkan untuk memadamkan api," ujarnya, Kamis (17/10/2024).

Dugaan sementara api berasal dari salah satu gudang pemotongan spon. Api dengan cepat meluas membakar material mudah terbakar dalam gudang.

"Api berhasil dipadamkan setelah tim damkar gabungan berjibaku memadamkan selama lebih dari 5 jam," katanya.

Sejuah ini belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Polisi masih memeriksa sejumlah saksi di lokasi kejadian. Tidak ada korban namun kebakaran menimbulkan kerugian mencapai puluhan miliar karena api menghanguskan sebagian besar gudang berisi bahan baku dan mesin produksi.

Topik Menarik