Perang Teknologi di Segmen SUV Kompak, Alvez Suntikkan Fitur Bisa Terhubung dengan Ponsel

Perang Teknologi di Segmen SUV Kompak, Alvez Suntikkan Fitur Bisa Terhubung dengan Ponsel

Otomotif | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 21:30
share

JAKARTA, iNews.id - Persaingan di segmen Sport Utility Vehivle (SUV) kompak semakin ketat membuat konsumen memiliki banyak pilihan mobil. Pabrikan tak lagi pelit menghadirkan fitur dan teknologi pada kendaraannya demi memikat konsumen.

Segmen ini telah dihuni Mitsubishi XForce, Toyota Yaris Cross, Suzuki Grand Vitara, Honda HR-V, Hyundai Creta dan Wuling Alvez. Ini menjadikan persaingan di segmen SUV lima penumpang tersebutbsemakin sengit.

Sebagai salah satu di segmen ini, Alvez membenamkan teknologi Internet of Vehicle (IoV). Fitur ini dapat menghubungkan kendaraan dengan ponsel melalui aplikasi My Wuling+. Ini menjadikan pemilik mobil bisa mengontrol kendaraannya melalui ponsel.

Alvez juga fitur memiliki terbaru, yakni Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Ini mencakup Wuling Remote Control App, fitur perintah suara berbahasa Indonesia (WIND) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Secara dimensi, Alvez memiliki kabin luas dengan dimensi panjanh 4.350 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.610 mm, dengan wheelbase 2.550 mm. Velg alloy 16 inci memberikan tampilan tangguh dan sporty.

Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko mengatakan Alvez juga memiliki fitur yang tidak ada di kompetitor Wuling Indonesian Command (WIND). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengoperasikan berbagai fitur kendaraan melalui perintah suara bahasa Indonesia.

"Fitur voice command interaktif ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti AC, jendela, sunroof, akses fitur hiburan musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi, mengatur besaran volume suara, serta menginformasikan tanggal," kata Danang, belum lama ini.

Terkait sistem keamanan, Wuling membenamkan Alvez fitur keselamatan Advanced Driver Assistance System (ADAS). Ini mencakup Adaptive Cruise Control untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan; Lane Keeping Assistance membantu menjaga kendaraan tetap di jalur; Forward Collision Warning untuk mencegah tabrakan di jalan tol dan kemaceta, dwn sistem pengereman otomatis (Automatic Emergency Braking) untuk keamanan maksimal.

Untuk kenyamanan, disematkan fitur mencakup Sistem Infotainment dengan Layar Sentuh 10.25 inci smart key dengan tombol start/stop dan sunroof, kamera belakang untuk memudahkan parkir dan kontrol penuh di kondisi sempit.

"Fiturnya lengkap. Ada ADAS membantu di jalan tol terutama saat perjalanan jauh seperti ke Jawa Timur. Terus habis itu lampunya juga terang kalau jalan malam," ujar Asri, salah satu pengguna Alvez.

Untuk jantung pacu, Alvez menggendong mesin bensin 1.5 L dan dilengkapi mode berkendara Eco yang membantu mengefisiensikan konsumsi bahan bakar.

Terkait harga, Wuling Alvez dijual di kisaran Rp209 juta hingga Rp295 juta on the road (OTR) Jakarta. Angka ini lebih murah dari pesaingnya yang memiliki harga rata-rata di atas Rp300 jutaan.. 

Topik Menarik