Dear Shin Tae-yong, Ini 3 Kelemahan China yang Bisa Dieksploitasi Timnas Indonesia

Dear Shin Tae-yong, Ini 3 Kelemahan China yang Bisa Dieksploitasi Timnas Indonesia

Berita Utama | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 14:40
share

QINGDAO, iNews.id – Tiga kelemahan Timnas China menarik untuk dibahas. Titik lemah ini bisa dieksploitasi Timnas Indonesia saat bertamu ke kandang mereka. 

Timnas Indonesia bakal mengunjungi Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 WIB. Kedua tim bakal saling beradu dalam matchday keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Timnas China babak belur setelah melewati tiga laga awal putaran ketiga kualifikasi ini. Dari tiga laga yang telah dimainkan, Negeri Tirai Bambu selalu kalah. 

Tim berjuluk Dragon Team itu mengawali kampanyenya dengan kekalahan memalukan 0-7 di markas Jepang. Kemudian, China dikalahkan 1-2 oleh Arab Saudi yang bermain dengan 10 pemain, dan kemudian kehilangan keunggulan 1-0 hingga menderita kekalahan 1-3 di Australia.

Rentetan kekalahan ini membuat China berada di dasar klasemen Grup C dengan nol poin dan selisih gol minus sepuluh.

Dari tiga laga tersebut, bisa terlihat apa saja kelemahan Timnas China. Setidaknya, ada tiga titik yang menjadi permasalahan tim yang diarsiteki Branko Ivankovic itu. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bisa mempelajari kelemahan tersebut agar Tim Garuda bisa meraih kemenangan perdana di putaran ketiga.  

3 Kelemahan Timnas China

Kantor berita China, Xhinhua mengungkap tiga kelemahan Timnas China pada kualifikasi kali ini. Menurut mereka, kondisi ini membuat Dragon Team kewalahan meladeni setiap lawan di tiga pertandingan awal. 

Pertama, China memiliki kelemahan bertahan dalam mengantisipasi bola mati (set pieces) lawan. Kedua, fisik dan stamina para pemain Negeri Tirai Bambu kerap kedodoran menjelang akhir pertandingan. Ketiga, Dragon Team masih belum berhasil merangkai permainan yang konsisten. 

“Alis mungkin akan terangkat mendengar pernyataan Ivankovic, dengan begitu banyak masalah yang terungkap dalam tiga pertandingan pertama China,” tulis Xhinhua, Senin (14/10/2024). 

“Meski demikian, pelatih dan pemain telah menyatakan ambisi mereka, dan bagi sebagian besar penggemar tuan rumah, apa pun selain kemenangan kandang akan dianggap sebagai kegagalan,” tutur media tersebut. 

Topik Menarik