Media China Ketar-ketir Lihat Kekuatan Timnas Indonesia, Sudah Takut sebelum Perang

Media China Ketar-ketir Lihat Kekuatan Timnas Indonesia, Sudah Takut sebelum Perang

Olahraga | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 12:58
share

BEIJING, iNews.id – Media China, Xhinhua, ketar-ketir melihat kekuatan Timnas Indonesia. Mereka khawatir Tim Garuda bakal membawa petaka untuk Timnas China. 

Timnas China akan menjamu Indonesia dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga itu akan dimainkan di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 WIB. 

Jelang laga tersebut, Timnas China dalam kondisi babak belur setelah melewati tiga laga awal putaran ketiga kualifikasi ini. Tim berjuluk Dragon Team itu mengawali kampanyenya dengan kekalahan memalukan 0-7 di markas Jepang. 

Kemudian, China dikalahkan 1-2 oleh Arab Saudi yang bermain dengan 10 pemain, dan kemudian kehilangan keunggulan 1-0 hingga menderita kekalahan 1-3 di Australia. 

Rentetan kekalahan ini membuat China berada di dasar klasemen Grup C dengan nol poin dan selisih gol minus sepuluh.

Sebaliknya, Timnas Indonesia datang dengan modal meyakinkan. Tim Garuda melewati tiga laga awal tanpa kekalahan setelah menahan Arab Saudi 1-1, Australia 0-0, dan Bahrain 2-2. 

Bahkan, di laga terakhir, Tim Garuda nyaris menang di kandang Bahrain kalau saja wasit Ahmed Al Kaf tak mengulur tambahan waktu dari enam menit menjadi sembilan menit.

Situasi inilah yang membuat media China, Xhinhua, ketar-ketir jelang tim kesayangan mereka menjamu Indonesia besok malam. 

“Meskipun rekor head-to-head yang lebih rendah melawan China, Indonesia adalah tim yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pertandingan mereka sebelumnya,” tulis Xhinhua, Senin (14/10/2024). 

“Dengan bantuan lebih dari 10 pemain naturalisasi, yang sebagian besar bermain di liga Eropa, Indonesia telah menjadi tim yang sedang berkembang yang tidak dapat diabaikan, sebagaimana dibuktikan oleh penampilan yang kuat dalam pertandingan pembukaan mereka, dengan hasil imbang melawan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain,” tutur kantor berita Negeri Tirai Bambu itu. 

Menurut Xhinhua, laga melawan Timnas Indonesia adalah pertaruhan untuk China jika ingin bersaing menuju Piala Dunia 2026. 

“Harapan China untuk mencapai Piala Dunia 2026 berada di ujung tanduk setelah tiga kekalahan kualifikasi berturut-turut. Tetapi pertandingan mendatang melawan Indonesia di kandang sendiri memberi tim Branko Ivankovic kesempatan lain untuk memperbaiki keadaan,” tulis mereka. 

Topik Menarik