NasDem Putuskan Tak Masuk Kabinet Prabowo, Ini Alasannya

NasDem Putuskan Tak Masuk Kabinet Prabowo, Ini Alasannya

Berita Utama | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 09:02
share

JAKARTA, iNews.id - Partai NasDem memutuskan tidak masuk dalam kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Keputusan itu didasarkan atas sejumlah pertimbangan.

"Atas dasar pertimbangan banyak hal, kita memutuskan juga untuk tidak masuk dalam kabinet," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim kepada wartawan saat ditemui di RSPAD, Jakarta Pusat, Minggu (13/10/2024).

Dia mengatakan NasDem ingin berkontribusi menyumbangkan pikiran untuk bangsa dari luar pemerintahan. Sebab, segala pikiran NasDem akan lebih berarti ketimbang masuk dalam kabinet.

"Pikiran-pikiran kita, kontribusi kita terhadap berbagai hal itu akan jauh lebih berarti daripada secara fisik kita masuk. Tapi kita bagian tak terpisahkan dari pemerintahan ini," tuturnya.

Dia menyatakan keputusan itu bukan penolakan atas tawaran menteri. Prabowo pernah bertanya ke NasDem karena belum menyetorkan nama calon menteri.

"Bukan menolak dan diminta, Pak Prabowo pernah bilang 'NasDem kok belum kasih masuk nama?' kita diam saja," kata Hermawi.

Diketahui, Presiden Terpilih Prabowo Subianto mulai menyusun kabinet menteri untuk pemerintahan mendatang. Prabowo juga sudah memanggil para calon menteri. 

Prabowo juga mengatakan sebagian menterinya berasal dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tidak terkecuali para menteri di bidang ekonomi.

“Saya melihat banyak juga ya menteri-menteri yang akan datang, ya banyak juga yang berada di kabinet (Jokowi) yang sekarang begitu,” kata Prabowo di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Prabowo menegaskan mencari orang yang terbaik untuk mengisi posisi menteri. Dia mengibaratkan memilih pemain terbaik untuk Timnas Indonesia.

“Kalau kita mau menyusun dan memilih tim sepak bola, timnas sepak bola, apa yang dicari? Adalah pemain terbaik, kita tidak pikirkan orang tuanya siapa, agamanya apa, sukunya apa, rasnya apa, tapi dia mampu atau tidak, dia bisa atau tidak,” ujar dia.

Topik Menarik