5 Kerangka Manusia Diduga Era Majapahit Ditemukan di Situs Kumitir Mojokerto

5 Kerangka Manusia Diduga Era Majapahit Ditemukan di Situs Kumitir Mojokerto

Berita Utama | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 13:08
share

MOJOKERTO, iNews.id - Tim ekskavasi balai pelestarian kebudayaan wilayah IX Jawa Timur menemukan lima kerangka manusia terpendam di Situs Kumitir, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Kelima kerangka itu diduga peninggalaan era Majaapahit.

Lima kerangka ini terdiri empat orang dewasa dan satu balita. Temuan kerangka ini akan dilakukan penelitian lebih lanjut oleh tim Paleoantropologi dari Unair Surabaya.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Kumitir, M Ikhwan mengatakan, ekskavasi ini merupakan lanjutan tahun 2020 lalu yang menemukan talut sebanyak 2 kilometer di sekitar Situs Bhree Kahuripan.

Ekskavasi dilakukan selama 23 hari mulai 20 September hingga 9 Oktober. Dalam eskavasi itu akan dilakukan penggalian di lima titik di sekitar situs Bhree Kahuripan dengan luas mencapai 500 meter persegi.

“Saat dilakukan ekskavasi, tim menemukan lima kerangka manusia yang ditemukan tidak berjauhan. Kelima kerangka ditemukan di sektor D, sebelah barat makam Dusun Bendo. Kelima kerangka tersebut ditemukan berjejer rapi dengan posisi kepala mengarah ke barat laut dan kaki ke tenggara,” katanya, Minggu (13/10/2024)

Dia menuturkan, selanjutnya kelima kerangka akan dimasukkan ke dalam lima kotak kayu dan dilakukan penelitian lanjutan.

“Untuk sementara usia kerangka dan jenis kelamin masih belum diketahui dan akan dilakukan penelitian lebih lanjut oleh ahli Paleoantropologi dari Universitas Air Langga Surabaya. Penelitian lebih lanjut akan diketahui apakah kelima kerangka tersebut adalah kerangka manusia era Majapahit atau bukan,” katanya.

Topik Menarik