IKN Diusulkan jadi Twin Cities, Apa Itu?

IKN Diusulkan jadi Twin Cities, Apa Itu?

Berita Utama | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 00:45
share

JAKARTA, iNews.id - Eks Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono akan menyampaikan usulan pembangunan Ibu Kota Baru (IKN) menjadi twin cities. Apa itu?

Menurut Bambang, konsep itu akan ia disampaikan kepada pemerintah sebagai rekomendasi pembangunan dan pengembangan ibu kota baru tersebut.

"Twin Cities. Itulah konsep yang diusulkan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (@aspi.indonesia) terkait pembangunan IKN ke depannya, dan ‘dititipkan’ pada saya untuk dapat disampaikan ke pemerintah," tutur Bambang dikutip dari akun Instagramnya. 

Bambang menjelaskan melalui konsep twin city, ASPI mengusulkan agar Jakarta dan IKN dapat berbagi fungsi dalam jangka pendek. Fungsi tersebut misalnya membagi antara Jakarta dan IKN sebagai ibu kota negara secara legal dengan ibukota yang menjalankan kegiatan administratif pemerintahan.

Bambang menjelaskan masukan ini bertujuan agara proses transisi pemindahan pusat Pemerintahan yang sebelumnnya di Jakarta ke IKN ini bisa berjalan lebih mulus dan efektif. Hal ini memanfaatkan kekuatan masing-masing kota.

"Saya berterima kasih pada ASPI atas masukannya. Sebagai organisasi akademik beranggotakan 100 program perencanaan wilayah dan kota di 74 universitas dari Sabang sampai Merauke, ASPI memiliki kualifikasi dan kemampuan untuk urun rembug secara aktif dalam pembangunan ibu kota bersama ini," ucap Bambang.

"InsyaAllah pesan ini akan saya sampaikan pada pemerintah saat ini dan yang mendatang, sebagai wujud kerja sama untuk melahirkan sebuah ibu kota berkelanjutan bagi rakyat," ujar Bambang.

Topik Menarik