Resep Saus Thailand yang Enak, Cocok untuk Cocolan Grill dan Barbeque 

Resep Saus Thailand yang Enak, Cocok untuk Cocolan Grill dan Barbeque 

Travel | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 20:12
share

JAKARTA, iNews.id - Resep saus Thailand bisa dibuat dengan sederhana di rumah. Belakangan, saus ini populer di kalangan pencinta kuliner. 

Saus Thailand memiliki rasa yang komplek, yaitu rasa manis, asam, pedas, dan gurih. Salah satu saus yang paling dikenal adalah saus ikan (nam pla), yang menjadi dasar dalam banyak hidangan karena memberikan rasa umami yang kuat. 

Saus ini biasanya dipadukan dengan bahan seperti jeruk nipis, gula aren, cabai, dan bawang putih untuk menciptakan saus pendamping atau dressing khas Thailand, seperti nam jim atau nam prik.

Selain itu, ada saus pad Thai yang cenderung manis dan asam karena menggunakan tamarind, saus kacang untuk sate, dan saus seafood yang tajam karena penggunaan cabai dan jeruk nipis. Setiap jenis saus memiliki rasa dan keunikan berbeda.

Kali ini jika penasaran ingin mencicipi saus Thailand, Anda bisa membuat dengan mudah di rumah. Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (12/10/2024).

Resep Saus Thailand

Bahan

10 sdm saus sambal
3 sdm saus tiram
2 sdm kecap ikan
3 sdm minyak wijen
2 siung bawang putih cincang halus
2 sdm wijen
1 sdm cuka
3 sdm gula
3 batang daun ketumbar (ambil daun dan akar)
10 rawit merah
300 ml air

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan, masak dengan api kecil saja lalu aduk rata sampai mengental, koreksi rasa.
2. Saus Thailand bisa dinikmati dengan berbagai macam lauk. Salah satunya bisa untuk cocolan grill atau barbeque.

Itulah seputar resep saus Thailand yang bisa diolah dengan mudah. Anda bisa memadukan dengan ikan, ayam, daging, dan lainnya. Selamat mencoba!

Topik Menarik