Mahfud MD akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober: Menghormati Negara

Mahfud MD akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober: Menghormati Negara

Terkini | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 01:00
share

JAKARTA, iNews.id - Mantan Cawapres pada Pilpres 2024, Mahfud MD akan menghadiri pelatikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober. Dia berjanji datang jika diundang.

“Saya dengar pengumumannya bahwa saya akan diundang, tentu saya akan datang dong, menghormati ini negara kita, harus dihormati,” kata Mahfud, Kamis (10/10/2024).

Mahfud turut mendapat pertanyaan tentang pasangan Capresnya di Pilpres 2024. Menurutnya, dirinya turut mendengar kalau Eks Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan diundang pula dalam acara pelantikan tersebut.

Mantan Menkopolhukam periode 2019-2024 itu menekankan, dirinya mengikuti kontestasi Pilpres 2024 sebagai salah satu Cawapres itu karena berpikir bisa memperbaiki bangsa dan negara. Serta, meyakini kalau dirinya lebih baik dari calon-calon lain yang saat itu berkontestasi dalam agenda lima tahunan itu.

“Tapi, rakyat menilai yang lebih baik Pak Prabowo ya harus kita hormati,” ucapnya.

Mahfud memastikan, ketika orang-orang yang sudah dinyatakan sebagai pemenang dalam Pilpres 2024 itu akan dilantik dirinya akan menghormati. Ia menegaskan, menghormati di sini berarti akan datang ke Gedung MPR RI jika memang diundang untuk menyaksikan acara pelantikan secara langsung.

“Oleh sebab itu, ketika dilantik saya akan menghormati, datang kalau diundang ke MPR, tapi sampai saat ini undangannya belum ada, mungkin belum dikirim,” ujar Mahfud.

Terkait sosok Prabowo Subianto yang akan memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan, Mahfud mengaku memiliki harapan. Sebab, sosok Ketua Umum (Ketum) Gerindra itu banyak menyampaikan pidato-pidato yang bagi Mahfud bisa menjadi komitmen positif perbaikan Indonesia pada masa mendatang.

Terlebih, lanjut Mahfud, pidato-pidato seperti itu sudah banyak disampaikan tidak hanya di depan kader-kader partainya, tapi di depan masyarakat luas. Ia menilai, komitmen resmi Prabowo Subianto dapat dilihat nantinya pada saat dilantik maupun setelah dilantik atau selama memimpin Indonesia.

“Pokoknya kita harus bela rakyat, ingin mati dalam keadaan membela rakyat, nah itu nanti komitmen resminya, statemen resminya, nanti tentu kita akan menunggu tanggal 20, 21 dan seterusnya,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Mahfud MD dan Prabowo Subianto sendiri memiliki hubungan yang unik. 

Mahfud MD merupakan Ketua Tim Sukses (Timses) Prabowo Subianto pada Pilpres 2014. Tapi, setelah Pilpres 2019, Mahfud sebagai Menkopolhukam merupakan atasan dari Prabowo yang kemudian menjabat Menhan.

Kendati demikian, pada kontestasi Pilpres 2024, keduanya berada dalam kendaraan yang berbeda. 

Mahfud MD maju sebagai cawapres nomor urut 03 mendampingi Ganjar Pranowo, sedangkan Prabowo Subianto maju sebagai capres dengan nomor urut 02 didampingi putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Topik Menarik