Segini Honor Maksimal Volunteer MotoGP Indonesia 2024, Dapat BPJS Ketenagakerjaan Juga

Segini Honor Maksimal Volunteer MotoGP Indonesia 2024, Dapat BPJS Ketenagakerjaan Juga

Olahraga | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:42
share

MANDALIKA, iNews.id – Berapa honor maksimal volunteer MotoGP Indonesia 2024? Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengungkapnya kepada publik. 

MotoGP Indonesia 2024 telah sukses digelar di Sirkuit Mandalika pada 27-29 September lalu. Ini menjadi edisi ketiga balapan motor paling bergengsi itu dihelat di trek yang berlokasi di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Kesuksesan MotoGP Indonesia 2024 tak lepas dari para volunteer yang bertugas. Mereka adalah masyarakat umum yang ber-KTP Nusa Tenggara Barat (NTB) dan minimal memiliki ijazah SMU atau SMK. Selain itu, MGPA juga merekrut mereka lewat kerjasama resmi dengan berbagai universitas di NTB.

Para volunteer itu bekerja tergantung dengan divisi mereka masing-masing. Namun, rata-ratanya adalah tiga sampai enam hari.

Priandhi Satria mengungkapkan, honor yang diterima oleh para volunteer MotoGP Indonesia 2024 maksimal adalah Rp250 ribu per hari. Selain itu, mereka juga mendapatkan fasilitas BPJS.

Para volunteer mendapatkan honor antara Rp150 ribu hingga Rp250 ribu per hari. Jumlahnya tergantung daily shift, long shift atau ada penugasan khusus.

Selain menerima honor, MGPA menyebut, para volunteer juga didaftarkan ke Dinas Ketenagakerjaan. Alhasil, mereka mendapatkan BPJS Tenaga Kerja, Jaminan Kematian dan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja).

“Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh volunteer yang bertugas di event Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGPTM) 2024,” kata Priandhi dalam keterangannya, Kamis (10/10/2024).

“Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dihadiri oleh perwakilan MGPA, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, serta BPJS Ketenagakerjaan pada Rabu, 18 September 2024 lalu,” ucapnya.

Kemudian, selama bertugas para volunteer juga mendapatkan makan dan minum saat pagi, siang dan malam hari. Lalu, mereka juga menerima sertifikat sebagai volunteer pada divisi mereka masing-masing yang ditandatangani oleh MGPA, ITDC dan Dorna.

Priandhi membeberkan bahwa sampai saat ini sudah 70 persen volunteer yang melengkapi pembukaan rekening dan sudah menerima honor ke rekening mereka masing-masing. Anggaran untuk honor volunteer MotoGP Indonesia 2024 sendiri mencapai Rp1,2 milyar hingga 1,4 milyar. Jumlah tersebut belum termasuk bidang pekerjaan spesialis yang juga mereka ambil dari tenaga kerja di NTB.

Topik Menarik