Nasib Kadispar Nias Barat usai Viral Foto Mesra dengan Bupati, Kini Dibebastugaskan

Nasib Kadispar Nias Barat usai Viral Foto Mesra dengan Bupati, Kini Dibebastugaskan

Terkini | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 10:31
share

NIAS BARAT, iNews.id - April Imelda Juita Hia dibebastugaskan dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pariwisata Nias Barat, Sumatra Utara. Penonaktifan ini diduga terkait viralnya video dan foto mesra mirip dirinya dengan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu yang sedang cuti beredar di media sosial.

Plt Bupati Nias Barat Era Era Hia saat dikonfirmasi mengatakan, Imelda Hia dibebastugaskan per Rabu (9/10/2024). Langkah ini dilakukan agar tidak mengganggu upaya tim yang dibentuk dalam pengecekan keaslian foto mesra tersebut.

Dalam waktu yang sama, Kadis Pariwisata itu sempat dimintai klarifikasi langsung, namun tidak memberikan jawaban pasti. Imelda justru menghendaki agar keaslian foto itu diuji kebenarannya oleh ahli forensik/telematika.

"Dia (Kadis) tidak tegas mengatakan tidak dan ya. Saya juga sudah bentuk tim pemeriksa dan telah menyurati Pak Roy Suryo (ahli telematika) untuk mengecek kebenaran foto," kata Era, Rabu (9/10/2024).

Hasil dari pengecekan  akan diperoleh dalam waktu paling lama 2 minggu ke depan. Sehingga agar tidak mengganggu pemeriksaan, Kadis Pariwisata Imelda dibebastugaskan untuk nanti akan diangkat pelaksana harian (Plh). 

Tangkapan layar foto viral diduga Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dengan Kepala Dinas Pariwisata April Imelda Juita Hia. (Foto: Facebook)
Tangkapan layar foto viral diduga Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dengan Kepala Dinas Pariwisata April Imelda Juita Hia. (Foto: Facebook)

"Sudah komunikasi dengan Roy Suryo. Paling lama 2 minggu kita memeroleh hasil dari tim pemeriksa," katanya.

Dia menegaskan, jika terbukti foto tersebut asli dan benar Imelda Hia seorang PNS dengan jabatan Kadis Pariwisata, akan diberikan sanksi sebagaimana termuat dalam PP 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS.

Diketahui, sebelumnya warganet dihebohkan dengan foto kemesraan diduga Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dengan Kadis Pariwisata April Imelda Juita Hia. Keduanya berpose tak lazimnya pimpinan dan bawahan yang bukan pasangan suami istri. Kemesraan keduanya ini ramai dan jadi bahan perbincangan masyarakat hingga media sosial.

Topik Menarik