Fakta Menarik Jelang Laga Timnas Indonesia vs Bahrain, Mees Hilgers Jadi Pemain Termahal di Skuad Garuda

Fakta Menarik Jelang Laga Timnas Indonesia vs Bahrain, Mees Hilgers Jadi Pemain Termahal di Skuad Garuda

Olahraga | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 19:01
share

JAKARTA, iNews.id - Fakta menarik jelang laga Timnas Indonesia vs Bahrain akan tersaji berikut ini. Kedua kesebelasan akan melakoni laga lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Bahrain National Stadium, Riffa, pada Kamis (10/10), pukul 23.00 WIB. 

Tuan rumah, Bahrain saat ini menempati peringkat ketiga klasemen dengan raihan tiga poin dari dua laga. Skuad asuhan Dragan Talajic sempat menang tipis 0-1 atas Australia. Namun, di laga berikutnya mereka justru dibantai Jepang dengan skor mencolok 0-5. 

Sementara itu, Timnas Indonesia tepat berada di bawah Bahrain dengan koleksi dua poin. Anak asuhan Shin Tae-yong sendiri meraih dua hasil imbang saat melawan Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0).

Setidaknya terdapat beberapa fakta menarik jelang laga Timnas Indonesia vs Bahrain. Lantas, apa saja itu? Berikut iNews.id akan berikan ulasannya, Selasa (8/10/2024). 

Fakta Menarik Jelang Laga Timnas Indonesia vs Bahrain
 

1. Perbandingan Peringkat FIFA

Timnas Indonesia dan Bahrain terpaut cukup jauh soal peringkat FIFA. Menurut ranking FIFA, skuad Garuda kini berada di posisi ke-129 dengan raihan 1124,17 poin. Posisi tersebut jadi yang tertinggi dalam lima tahun terakhir. 

Sementara itu, Bahrain menempati posisi ke-76 ranking FIFA dengan koleksi 1315,49 poin. Menurut catatan, skuad berjuluk The Reds itu tidak pernah keluar dari posisi atau ranking 100 besar dalam lima tahun terakhir. Adapun, posisi terburuk mereka yakni 105 yang didapat pada Oktober 2019. 

2. Harga Pemain

Meski ibarat langit dan bumi soal peringkat FIFA, siapa sangka jika Timnas Indonesia memiliki nilai skuad yang mahal daripada Bahrain, yakni Rp426,28 miliar. Sedangkan, sang calon lawan kini bernilai Rp158,17 miliar. 

Pemain yang baru di-naturalisasi, Mees Hilgers jadi pemain termahal di skuad Garuda. Bek tengah andalan FC Twente itu bernilai Rp121,67 miliar. Ada pula Thom Haye (Rp52,14 miliar), Jay Idzes, dan Calvin Verdonk (Rp43,45 miliar). 

Sementara itu, Ali Madan jadi pemain termahal di skuad Bahrain yang bernilai Rp52,14 miliar. Setelah itu ada Komail Al-Aswad (Rp10,43 miliar), Jassim Al-Shaikh (Rp8,69 miliar), Amine Benadi, dan Hamad Al-Shamsan (Rp7,82 miliar). 

3. Pemain Abroad

Tercatat ada 16 pemain Timnas Indonesia yang main di luar negeri. Sebagian dari mereka telah menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong selama perhelatan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Jay Idzes jadi salah satu pemain yang berkompetisi di liga sepakbola tertinggi Italia alias Serie A. Terdapat pula Mees Hilgers yang beberapa waktu lalu main di Liga Eropa Fase Grup saat menghadapi Manchester United dan Fenerbahce bersama FC Twente.  

Di sisi lain, dari 23 pemain hanya ada dua pemain Bahrain yang kini merumput di liga luar negeri. Itu pun bukan liga yang terkenal dan kompetitif. Sebagai contoh, Moses Atede yang main di Liga Super Malaysia bersama Kuching City dan Mohamed Marhoon bersama Kuwait SC. 

Demikian ulasan mengenai fakta menarik jelang laga Timnas Indonesia vs Bahrain. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik