Viral Gunung Pancar Sepi Pengunjung akibat Pungli, Sandiaga Uno: Akan Kita Tata Jadi Desa Wisata

Viral Gunung Pancar Sepi Pengunjung akibat Pungli, Sandiaga Uno: Akan Kita Tata Jadi Desa Wisata

Travel | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 20:49
share

JAKARTA, iNews.id - Taman Wisata Alam Gunung Pancar di Sentul, Bogor, Jawa Barat belakangan ini viral karena sepi pengunjung. Beredar video di media sosial yang mengungkap destinasi wisata tersebut sepi pengunjung diduga akibat maraknya pungutan liar alias pungli.

Dari video yang diunggah akun TikTok, @adengider, terlihat penampakan wisata Gunung Pancar yang mulai sepi pengunjung. Terlihat kawasan tersebut tak dipadati pengunjung yang biasanya senang berlibur di destinasi wisata ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menanggapi sepinya destinasi wisata Gunung Pancar diduga imbas banyaknya pungli. Sandiaga mengatakan, dia akan segera menata Taman Wisata Alam tersebut dan memperkuat segi desa wisata untuk bisa menarik kembali para pengunjung.

“Selama ini yang saya sampaikan kalau wisatawan itu digetok maka mereka akan kapok. Ini sudah dibuktikan di Gunung Pancar. Ini akan kita tata dengan kelompok sadar wisata, melibatkan pemerintah daerah, kita akan tata dalam bentuk desa wisata yang bisa memberikan pendekatan lebih kearifan lokal,” kata Sandiaga dalam Weekly Brief With Sandiaga Uno, Senin (7/10/2024).

Sandiaga mengatakan, desa wisata yang akan digalakkan di Gunung Pancar ini diharapkan bisa menjadi daya tarik untuk kembali menggaet wisatawan. Apa lagi pesona alam destinasi tersebut yang begitu memesona dan para penduduk sekitar yang ramah.

Sandiaga berharap revitalisasi tersebut bisa berlangsung lancar dan mendapat dukungan masyarakat untuk kembali menghidupkan destinasi wisata Gunung Pancar ini.

“Masyarakat Jawa Barat itu kan sangat welcoming. Pengalaman berwisata bisa kembali menyenangkan, aman dan nyaman. Dukungan dari masyarakat juga tinggi untuk revitalisasi Gunung Pancar yang sempat hits itu,” katanya.

Lebih lanjut, PJ Walikota Bogor/Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Dr. Hery Antasari mengatakan, persoalan pungli ini tengah ditangani langsung oleh PJ Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin. Dia mengungkap Polda Jawa Barat bersama Satgas Saber Pungli Jawa Barat akan turun mengatasi permasalahan pungli di destinasi wisata ini.

“Kebetulan kemarin pak PJ Gubernur Jabar merapatkan khusus tentang ini. Jadi bersama Saber Pungli Jawa Barat dan Polda Jawa Barat sudah di-handle langsung oleh Pak Gubernur. Dan memang ini sangat disayangkan, saya kira semoga bisa segera selesai dan hidup kembali Gunung Pancar,” ujarnya.

Topik Menarik