5 Fakta Menarik Gunung Rinjani, Ada Area Unik Suasananya seperti di Pantai

5 Fakta Menarik Gunung Rinjani, Ada Area Unik Suasananya seperti di Pantai

Travel | inews | Minggu, 6 Oktober 2024 - 18:01
share

JAKARTA, iNews.id - Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) belakangan jadi perbincangan netizen setelah kejadian menimpa dua pendaki yang terjatuh di gunung tersebut. Insiden tersebut dialami dua pendaki wanita yang menyebabkan satu orang selamat dan seorang lagi masih dalam pencarian.

Terlepas dari insiden nahas ini, Gunung Rinjani merupakan salah satu spot indah yang dikagumi masyarakat. Para pelancong berbondong-bondong ingin menikmati langsung indahnya pegunungan yang berlokasi di Pulau Lombok ini.

Gunung yang juga disukai para wisatawan mancanegara ini memikiki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (MDPL). Rinjani juga merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia.

Di tengah keindahan dan pesonanya, Gunung Rinjani menyimpan banyak fakta yang wajib diketahui para traveler. Penasaran, apa saja fakta di balik Gunung Rinjani yang indah? Berikut informasinya dirangkum iNews.id pada Minggu (6/10/2024).

1.Gunung Tertinggi Ketiga di Indonesia

Di balik keindahan dan pesona gunung ini, z disebut sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 MDPL, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Jayawijaya di Papua dan Gunung Kerinci di Jambi.

2. Namanya Berasal dari Bahasa Jawa

Mungkin tak banyak yang tahu bila nama Gunung Rinjani justru berasal dari bahasa Jawa. Meskipun berada di Pulau Lombok, nama Gunung Rinjani berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang berarti ‘Tuhan’. Masyarakat setempat memilih penamaan tersebut dari seorang putri raja yang sedang bersemedi di Lombok. Sang putri itu bernama Anjani.

3. Dijuluki Gunung Pantai

Fakta lainnya ialah Gunung Rinjani yang juga dijuluki sebagai gunung pantai. Gunung Rinjani terdiri atas hamparan padang sabana sehingga udara terasa panas dan tak seperti gunung biasanya. 

Banyaknya tiupan angin kencang yang ada di permukaannya, menjadikan Gunung Rinjani dijuluki gunung pantai karena kemiripan suhu dan iklimnya dengan area pantai.

4. Terletak di Garis Wallace

Fakta selanjutnya ialah Gunung Rinjani terletak di Garis Wallace. Lokasi persis Gunung Rinjani terletak pada area perbatasan garis Wallace, yang merupakan garis pertemuan flora fauna asiatis dan australis dalam perspektif ilmu Geografi. Hal ini membuat gunung ini kaya akan beragam flora dan fauna.

5. Dianggap Sakral

Satu lagi fakta Gunung Rinjani ialah kesakralannya. Masyarakat Lombok menganggap Gunung Rinjani sebagai gunung yang sakral dan memiliki nilai spiritual. 

Selain itu, warga setempat percaya bahwa gunung ini adalah pelindung Pulau Lombok. Tak heran masih banyak masyarakat Lombok kerap mengadakan upacara adat dan ritual keagamaan di Gunung Rinjani ini.

Topik Menarik