Gugur Ditembak OPM, Jenazah Prajurit Kostrad 411 Pandawa Dimakamkan di Purbalingga

Gugur Ditembak OPM, Jenazah Prajurit Kostrad 411 Pandawa Dimakamkan di Purbalingga

Terkini | inews | Minggu, 6 Oktober 2024 - 00:19
share

PURBALINGGA, iNews.id - TNI kembali berduka setelah satu lagi anggotanya gugur dalam kontak tembak dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua Tengah. Jenazah Sertu Anumerta Muhammad Bagus Heriawan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purbosaroyo, Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (5/10/2024) malam bertepatan dengan HUT ke-79 TNI.

Jenazah Sertu Anumerta Muhammad Bagus Heriawan tiba di rumah duka di Desa Patemon, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga Sabtu sore. Korban gugur setelah diserang oleh OPM di Timika, Papua dengan luka tembak di dada sebelah kiri. 

Sertu Anumerta Muhammad Bagus Heriawan merupakan prajurit TNI dari kesatuan Yonif Kostrad 411 Pandawa. Insiden penembakan terjadi saat korban bersama sejumlah personel TNI lainnya sedang melaksanakan patroli pada Jumat (4/10/2024) siang. 

Saat tiba di wilayah Paro atas arah Mapenduma, Kabupaten Timika, Papua Tengah, prajurit TNI diserang oleh OPM. Kontak senjata antara prajurit TNI dan OPM mengakibatkan korban luka tembak di bagian dada kiri. 

Korban dievakuasi menuju Rumah Sakit (RS) Timika, namun setelah sempat mendapatkan penanganan medis, akhirnya meninggal dunia.

Jenazah korban diterbangkan dari Timika, Papua Tengah, menuju kampung halaman orang tuanya di Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah. Pemakaman jenazah dilakukan secara militer dan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun.

Topik Menarik