Sri Mulyani Beberkan Penyebab Kelas Menengah Turun Kasta

Sri Mulyani Beberkan Penyebab Kelas Menengah Turun Kasta

Berita Utama | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 21:47
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani membeberkan terkait jumlah kelas menengah yang turun kasta. Menurutnya, hal tersebut karena kelas menengah tertekan dengan kenaikan harga atau inflasi.

"Penurunan kelas menengah biasanya karena inflasi. Dengan inflasi tinggi, maka garis kemiskinan naik, mereka tiba-tiba akan jatuh ke bawah," ujar Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (4/10/2024). 

Bendahara Negara ini menambahkan, meski sebagian kelas menengah turun, ada juga kelompok miskin yang naik menjadi kelompok menuju kelas menengah atau aspiring middle class

"Jadi dalam hal ini kita melihat adanya dua indikator, yang miskin naik, tapi yang kelas menengah turun. Penurunan kelas menengah biasanya karena inflasi," tuturnya.

Dia mencontohkan, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terjadi di satu tempat, namun di tempat lain ada penciptaan lapangan kerja. Hal ini terlihat dalam data statistik dimana ada 11 juta lebih dalam 3 tahun terakhir angkatan kerja baru atau lapangan kerja baru terbuka, tetapi tetap ada PHK. Sehingga, semuanya harus dilihat secara keseluruhan.

"Jadi kita harus melihat ekonomi Indonesia mengalami perubahan karena adanya berbagai faktor. Entah itu adalah karena teknologi, entah karena perubahan dari struktur ekonominya. Kita akan terus memperhatikan agar masyarakat yang paling rentan mendapatkan dukungan," ucapnya.

"Apakah itu dalam bentuk bantuan sosial atau pelatihan. Dan di sisi lain memperbaiki iklim investasi sehingga muncul lapangan kerja baru," kata Sri Mulyani.

Topik Menarik