Indonesia Terus Suarakan Isu Perdamaian Palestina di KTT ASEAN 2024

Indonesia Terus Suarakan Isu Perdamaian Palestina di KTT ASEAN 2024

Berita Utama | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 21:59
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bakal membawa isu Palestina di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2024 di Vientiane, Laos pada 6-11 Oktober 2024 mendatang. Sebagai ketua delegasi Indonesia untuk KTT ASEAN di Laos, Ma'ruf Amin akan menjadikan perdamaian Palestina sebagai isu prioritas.

"Isu Palestina akan menjadi salah satu elemen prioritas dalam berbanyak kenyataan yang akan disampaikan oleh Bapak Wakil Presiden," kata Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Sidharto Suryodipuro di Kantor Kemlu, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2024).

Tidak hanya itu, masalah Palestina juga berdampak pada penegakan norma dan hukum internasional yang penting bagi kawasan Indonesia.

"Jadi pada saat berkembang berbagai situasi di Timur Tengah, yang rekan rekan semua juga ketahui dan mengikuti. Tantangan kita adalah justru mempertahankan, memperkuat norma dan hukum internasional di kawasan kita," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan diwakili Ma'ruf Amin dalam KTT ASEAN. Jokowi absen karena fokus mengawal transisi pemerintahan.

"Bapak presiden tidak hadir dalam rangkaian KTT ini dan diwakili oleh wakil presiden," kata Sidharto Suryodipuro.

Sidharto mengungkap absennya Jokowi disebabkan pelaksanaan KTT ASEAN 2024 di Laos berdekatan dengan persiapan proses transisi pemerintahan Indonesia ke Prabowo Subianto.

"Ini bagian dari karena sangat dekat dengan proses transisi (pemerintahan)," ucapnya.

Topik Menarik