Buntut Bobotoh Serang Steward, Persib Disanksi Tanpa Penonton 2 Pertandingan dan Denda Rp295 Juta

Buntut Bobotoh Serang Steward, Persib Disanksi Tanpa Penonton 2 Pertandingan dan Denda Rp295 Juta

Olahraga | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 15:17
share

BANDUNG, iNews.id – Persib Bandung resmi disanksi tanpa penonton di dua pertandingan Liga 1 2024-2025. Komite Disiplin PSSI resmi menjatuhkan hukuman tersebut sebagai imbas bobotoh menyerang steward saat Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 

Komite Disiplin (Komdis) PSSI resmi mengumumkan sanksi yang diberikan kepada Persib Bandung usai sejumlah oknum suporternya memukuli steward. Persib Bandung resmi tanpa penonton dalam dua laga beruntun.

Insiden pemukulan terhadap steward terjadi selepas pertandingan Persib versus Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung pada 23 September lalu. Saat itu, ratusan oknum suporter turun ke lapangan dan mengejar steward.

Pengeroyokan ini merupakan respons oknum suporter terhadap permasalahan sebelumnya. Diduga, steward dan ofisial klub sempat melakukan intimidasi dan pemukulan kepada suporter saat Persib menjamu Port FC.

Komdis PSSI menjatuhkan sanksi kepada Persib akibat insiden pengeroyokan steward ini. Berdasarkan pada hasil sidang Komdis PSSI 1 Oktober 2024, Maung Bandung juga dijatuhi hukuman karena sejumlah oknum suporter menyalakan suar atau flare.

“Terjadi penyalaan flare dalam jumlah banyak, pelemparan air mineral dalam botol dan plastik ke arah steward di pinggir lapangan, masuknya penonton ke area lapangan pertandingan yang mengakibatkan penganiayaan dan kerusuhan serta adanya korban luka-luka,” bunyi keterangan resmi Komdis PSSI, dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (4/10/2024).

Komdis PSSI menyatakan, hukuman yang akan diberikan kepada Persib Bandung adalah dua pertandingan terdekat tanpa penonton. Setelah dua laga itu, suporter Persib juga tidak akan bisa mengisi tribun utara dan selatan dalam tiga pertandingan kandang berikutnya. Komdis PSSI juga mendenda Persib.

“Sanksi dilarang menyelenggarakan pertandingan dengan penonton saat menjadi tuan rumah sampai separuh musim Kompetisi Liga 1 Tahun 2024-2025,” tulis keterangan resmi Komdis PSSI.

“Dengan rincian yaitu penutupan seluruh stadion sebanyak 2 (dua) pertandingan secara berturut-turut berlaku pada pertandingan terdekat dan dilanjutkan penutupan sebagian stadion yaitu Tribun Utara dan Tribun Selatan sebanyak 3 (tiga) pertandingan secara berturut-turut; denda Rp.295.000.000,” ucap keterangan resmi itu.

Topik Menarik