Hasil Semifinal IBL All Indonesian 2024: Satria Muda ke Final Usai Hajar Dewa United

Hasil Semifinal IBL All Indonesian 2024: Satria Muda ke Final Usai Hajar Dewa United

Olahraga | inews | Minggu, 29 September 2024 - 20:00
share

JAKARTA, iNews.id- Satria Muda melaju ke final Indonesian Basketball League (IBL) All Indonesian 2024. SM melibas Dewa United dengan skor 75-59.

Pertandingan berlangsung di Hall Basket Senayan, Jakarta, Minggu (29/9/2024) sore WIB. Satria Muda tinggal menunggu pemenang dari duel antara Prawira Harum Bandung vs Pelita Jaya Jakarta, Minggu (29/9/2024) pukul 19.30 WIB di tempat yang sama. 

Jalannya pertandingan

Dua tim yang sebelumnya juga bertemu pada babak semifinal IBL 2024 lalu menurunkan starting five terbaiknya pada laga sore hari ini. Dewa United dipimpin oleh sang kapten, Kaleb Ramot Gemilang, sedangkan Satria Muda dinahkodai Abraham Damar Grahita.

Kedua tim memainkan tempo permainan yang cukup cepat pada awal kuarter pertama ini. Namun, pertahanan kokoh ditunjukkan keduanya, baik Dewa United maupun Satria Muda kesulitan mencetak angka dan 10 menit pertama berakhir dengan skor 14-12 untuk Dewa United.

Kuarter kedua berjalan cukup sengit dengan Dewa United yang terlebih dahulu memegang kendali, tetapi kemudian Satria Muda mampu unggul 19-18 pada pertengahan kuarter. Setelah itu, Dewa United tancap gas dan kembali memegang kendali hingga akhirnya unggul 32-30 pada dua kuarter pertama.

Tertinggal pada dua kuarter awal, Satria Muda pun bertekad untuk bangkit pada dua kuarter terakhir guna mengamankan tiket ke partai puncak. Skuad asuhan Youbel Sondakh itu terlihat mulai beradaptasi dan mampu menjalankan strateginya dengan lebih matang.

Abraham Damar Grahita cs yang mampu meraih poin demi poin pada kuarter ketiga ini akhirnya sukses mengambil alih jalannya laga. Mereka merebut keunggulan dari Dewa United dengan skor 55-47 memasuki kuarter terakhir.

Lini pertahanan Satria Muda dengan skema zone defense terlihat sulit untuk ditembus para pemain Dewa United. Hingga pertengahan kuarter keempat, Satria Muda mampu menahan Dewa United dengan skor 64-47.

Dewa United baru mampu menambah poin melalui Patrick Nicholas saat kuarter keempat menunjukkan waktu 5 menit 41 detik. Namun, setelah itu berbagai usaha yang dilakukan Anak Dewa -julukan Dewa United- menemui kegagalan dan harus tertinggal 52-69 empat menit jelang berakhirnya laga.

Dewa United terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan 17 poin dari Satria Muda hingga akhir pertandingan. Namun, Satria Muda pada akhirnya keluar sebagai pemenang dengan kemenangan 75-59 dan berhak melaju ke partai final, menunggu pemenang antara Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya.

Topik Menarik