Israel Siap Gelar Operasi Darat di Lebanon, Bakal Jadi Gaza Kedua?

Israel Siap Gelar Operasi Darat di Lebanon, Bakal Jadi Gaza Kedua?

Berita Utama | inews | Sabtu, 28 September 2024 - 05:09
share

TEL AVIV, iNews.id - Israel dilaporkan siap menggelar operasi darat di Lebanon untuk melawan kelompok Hizbullah. Seorang pejabat keamanan zionis mengatakan, operasi darat itu akan dilakukan secepat mungkin.

"Kami akan mencoba melakukannya sesingkat mungkin. Saya pikir kami mempersiapkannya setiap hari, dan itu pasti ada dalam kotak peralatan kami," kata pejabat itu kepada wartawan, yang berbicara secara anonim sesuai dengan aturan keamanan, Jumat (27/9/2024).

Komentar itu muncul tatkala Israel dan Hizbullah saling serag setelah Amerika Serikat dan sekutunya gagal menghentikan bentrokan yang telah menewaskan lebih dari 700 orang di Lebanon pekan ini. Menurut pejabat keamanan Israel, serangan militernya telah menewaskan banyak pejuang Hizbullah dan secara signifikan membatasi kemampuan militer kelompok yang didukung Iran itu.

"Saya pikir mereka kehilangan banyak kemampuan," klaimnya.

Selain melemahkan kapasitas Hizbullah untuk menembaki Israel, tujuan operasi militer zionis di Lebanon adalah untuk membunuh pemimpin militernya. Israel juga akan "membersihkan" wilayah perbatasan dua negara, sehingga warga Israel yang mengungsi dapat kembali ke rumah mereka di Israel Utara.

Kepala Staf Angkatan Darat Israel, Letnan Jenderal Herzi Halevi, mengemukakan kemungkinan operasi darat terhadap Hizbullah dilakukan minggu ini. Pejabat keamanan yang berbicara kepada wartawan pun mengatakan pada Jumat kemarin bahwa semua opsi untuk itu sudah tersedia.

Hizbullah mulai menembaki Israel pada 8 Oktober tahun lalu, sehari setelah Hamas melancarkan Operasi Banjir al-Aqsa di Israel Selatan yang memicu perang di Gaza. Sejak Senin lalu, jet-jet tempur Israel membombardir benteng Hizbullah di seluruh negeri, memicu eksodus sekitar 118.000 orang, menurut PBB.

Selama waktu itu, lebih dari 700 orang telah tewas di Lebanon, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Topik Menarik