Luhut Bertemu Elon Musk di AS, Bahas Kerja Sama Data Center hingga Mineral Penting

Luhut Bertemu Elon Musk di AS, Bahas Kerja Sama Data Center hingga Mineral Penting

Ekonomi | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 20:41
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu sejumlah tokoh di sela-sela kunjungan ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri United Nation General Assembly. Luhut menyebut bahwa dirinya berkesempatan bertemu dengan tokoh-tokoh penting yang potensial membuka peluang besar bagi Indonesia. 

Adapun salah satu tokoh yang ditemui Luhut adalah CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Dalam pertemuan tersebut, Luhut menyampaikan berdiskusi banyak hal dengan orang terkaya di dunia tersebut, mulai dari data center hingga critical minerals atau mineral penting.

"Kami berdiskusi banyak tentang data center, kemajuan industri AI hingga critical minerals," kata Luhut dikutip dari Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Jumat (27/9/2024).

Luhut menambahkan, kerja sama mengenai data center tersebut sebelumnya telah dibahas saat Musk berkunjung ke Indonesia menghadiri acara World Water Forum belum lama ini.

"Kita bicara mengenai kerja sama data center yang dibangun oleh anak Indonesia. Jadi ini kita sudah kita bicarakan sejak dia datang berkunjung ke World Water Forum di Bali. Kemudian follow up-nya sekarang bagaimana teknisnya bentuk kerja samanya," kata dia.

Selain itu, Luhut juga menawari Musk untuk berinvestasi pada sektor mineral penting di Indonesia. Dia menyebut orang terkaya di dunia itu tertarik untuk menanamkan modalnya.

"Saya tanya dia kau terpikir ga untuk masuk di critical mineral di Indonesia? nah terus dia bilang "boleh juga diomongin itu". Ya kita carinya pokoknya semua kita perkawanan aja, dengan keadaan dunia seperti sekarang, ekonomi dunia juga cukup susah sekarang itu," ucapnya.

Selain itu, Luhut mengatakan bahwa Musk bercerita tentang misinya ke planet Mars dalam dua tahun ke depan. 

"Sebuah visi besar yang saya kira cukup luar biasa," kata dia. 

Topik Menarik