PNM Kelola Ekosistem Terumbu Karang di Banyuwangi untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir

PNM Kelola Ekosistem Terumbu Karang di Banyuwangi untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir

Ekonomi | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 19:24
share

BANYUWANGI, iNews.id - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkomitmen menciptakan kehidupan laut dan pesisir yang lebih baik. Salah satu strateginya dengan melakukan penanaman dan pengelolaan ekosistem terumbu karang di Pantai Bangsring Banyuwangi.

Sekretaris Perusahaan PNM, Dodot Patria Ary menuturkan, terumbu karang yang sehat dapat berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat pesisir.

"Terumbu karang yang sehat membuat jumlah ikan berlimpah, artinya masyarakat pesisir bisa menjual lebih banyak dan dapat penghasilan yang juga bertambah," ucap Dodot kepada wartawan di Banyuwangi, Jumat (26/9/2024).

Dodot menambahkan, terumbu karang yang sehat dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung, dan menghidupkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di pantai tersebut.

Tidak hanya itu, terumbu karang juga dapat dijadikan sebagai perhiasan sebagai variasi produk usaha unggulan bagi masyarakat pesisir.

"Sektor kelautan ini krusial bagi Indonesia apalagi kita sebagai negara kepulauan, sehingga perlu kolaborasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. PNM akan terus berupaya menyajikan program berkelanjutan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir," kata dia.

Menurut Dodot, terumbu Karang memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir yang sehat. Dengan turut menanam terumbu karang, PNM berharap dapat mendukung pengelolaan laut secara berkelanjutan, mendorong terciptanya lapangan pekerjaan serta mendukung ekonomi lokal melalui ekowisata.

Topik Menarik