Mantan Menhan Shigeru Ishiba Bakal Jadi Perdana Menteri Jepang, Gantikan Fumio Kishida

Mantan Menhan Shigeru Ishiba Bakal Jadi Perdana Menteri Jepang, Gantikan Fumio Kishida

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 18:05
share

TOKYO, iNews.id - Mantan Menteri Pertahanan Jepang Shigeru Ishiba terpilih sebagai ketua Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di negeri sakura. Dia pun akan menjadi perdana menteri baru Jepang, menggantikan Fumio Kishida. 

Terpilihanya Ishiba ditentukan oleh hasil putaran kedua pemilihan ketua LDP. Kabar itu disiarkan oleh situs web partai tersebut pada Jumat (27/9/2024) ini.

"Berkat dukungan Anda, saya telah terpilih sebagai ketua kesepuluh Partai Demokrat Liberal. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota partai di seluruh negeri, sesama anggota parlemen, dan anggota komite pemilihan atas dukungan mereka selama kampanye ini," kata Ishiba dalam pidatonya pascapemilihan.

Pada putaran pertama pemilihan, Ishiba memperoleh 154 suara. Sementara pesaingnya. Sanae Takaichi, menerima 181 suara. Keduanya melaju ke putaran kedua.

Pada putaran kedua, Ishiba memperoleh 215 dari 415 suara. Sementara Takaichi mendapatkan 194 suara.

Sidang parlemen luar biasa Jepang, di mana ketua LDP secara resmi dilantik menjadi perdana menteri baru, dijadwalkan berlangsung pada 1 Oktober.

Topik Menarik