Penampakan Renovasi Stadion Kanjuruhan Malang Nyaris Rampung, Ada Papan Skor Digital

Penampakan Renovasi Stadion Kanjuruhan Malang Nyaris Rampung, Ada Papan Skor Digital

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 16:27
share

MALANG, iNews.id - Stadion Kanjuruhan Malang terus bersolek menjelang 2 tahun genap peristiwa memilukan tragedi kemanusiaan. Proses pengerjaan renovasi stadion di Jalan Trunojoyo, Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut saat ini telah mencapai 85 persen.

Pengamatan iNews proses rekonstruksi penguatan struktur dasar di seluruh area stadion sudah dilakukan. Bahkan pekerja proyek hanya tinggal menyelesaikan bagian sisi barat dan pekerjaan di area sekitar gate 13.

Di sisi utara, timur dan selatan, kursi-kursi single sudah mulai terpasang. Kombinasi warna biru, oranye dan putih melapisi kursi yang terpasang di tiga sektor tribun ekonomi tersebut.

Sekilas memang tak ada perubahan darı bentuk tribun di stadion. Namun terlihat tangga keluar akses masuk stadion sudah berbeda. Bila sebelumnya menjorok ke bawah dengan kemiringan curam nyaris 60 derajat, hingga membuat tak aman, kini sudah diubah. Bentuknya saat ini menyerupai huruf Z dengan pemberian board desk dan dikurangi tingkat kemiringannya.

Papan skor yang sebelumnya di sisi timur stadion juga diubah. Kini papan skor sudah terpasang di bagian utara tribun. Menariknya papan skor ini juga sudah digital dan bisa merekam visualisasi video yang mendukung penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Sementara dari sisi pinggir lapangan, lintasan lari diperjelas. Terlihat perubahan tekstur area shuttle ban alias lintasan lari, meski secara desain tak ada perubahan.

Kemudian pada bagian tengah lapangan, rumput juga terlihat mulus dan rapi. Bahkan rumput terlihat rumput sudah membentuk pola-pola, layaknya stadion berkelas internasional ala-ala stadion Eropa. Ketebalan rumput pun juga terlihat lebih merata, dibandingkan lapangan stadion sebelum direnovasi.

Project Manager Renovasi Stadion Kanjuruhan Malang Vino Teguh Pramudya mengungkapkan, saat ini progres pengerjaan renovasi stadion masih 85 persen. Proses renovasinya terus dipercepat karena sesuai kontrak PT Waskita Karya (WK) diberi tenggat waktu hingga 26 Desember 2024.

"Perkuatan sudah kami laksanakan, finishing akses sudah hampir kami selesaikan. Memang 15 persen yang belum kami selesaikan. Dengan percepatan proyek ini harapannya bulan Oktober ini sudah 95 persen," kata Vino Teguh Pramudya, ditemui di Stadion Kanjuruhan Malang, Kamis (26/9/2024) petang.

Saat ini proses pengerjaan fokus pada dua titik, yakni tribun barat yang merupakan tribun VIP dan sekitar area pintu 13. Di tribun barat misalnya, petugas masih membuat beberapa kerangka penutup stadion. Makanya proses pemasangan kursi di tribun barat belum diselesaikan.

"(Pengerjaan tribun barat) Atap ini sudah 55 persen, kami tinggal pasang rangka terakhir, dan kami lanjutkan pemasangan penutup. Kemudian kita lakukan pengecatan tribun dan dipasang kursi di bawah," ucapnya.

Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang sedang dalam proses renovasi pascatragedi kemanusiaan yang menewaskan 135 orang dan membuat 609 orang lebih luka. Proses renovasi stadion sendiri menelan biaya Rp330 miliar yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Tepat pada 1 Oktober 2024 mendatang, peringatan 2 tahunan tragedi paling memilukan dalam sejarah persepakbolaan Indonesia dan terbesar nomor dua dunia ini akan dikenang sebagai tragedi pahit bagi insan persepakbolaan Indonesia.

Topik Menarik