Menpora Dito Beri Kabar Baik Soal Naturalisasi Mees Hilgers

Menpora Dito Beri Kabar Baik Soal Naturalisasi Mees Hilgers

Olahraga | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 16:00
share

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo memberi kabar baik soal naturalisasi Mees Hilgers. Dia memastikan proses naturalisasi sedang dikebut.

Mees Hilgers menjalani proses naturalisasi untuk menjadi pemain Timnas Indonesia. Bek FC Twente berusia 23 tahun itu dinaturalisasi bersama dengan pemain PEC Zeolle Eliano Reijnders.

Kedua pemain saat ini sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi III dan X DPR RI. Surat Keputusan Presiden (Keppres) juga sudah dikeluarkan. Sekarang, kedua pemain itu tinggal menunggu waktu pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Mengenai hal ini, Dito mengatakan pemerintah berupaya untuk mempercepat proses naturalisasi kedua pemain ini. Sekarang, Dito menjelaskan, Mees dan Eliano tinggal menunggu waktu pengambilan sumpah WNI.

“Ini tinggal menunggu jadwal dari pengambilan sumpah (WNI). Kita kejar secepatnya,” kata Dito kepada awak media, termasuk iNews.id, Jumat (27/9/2024).

Lebih jauh, Dito mengatakan teknis pengambilan sumpah akan diinformasikan dalam waktu dekat. Namun, dipastikan pengambilan sumpah WNI kedua pemain itu tetap dilakukan di Kedutaan Besar Indonesia di Belanda.

“Teknisnya akan kita update nanti,” ujar Dito.

Sementara itu, proses naturalisasi kedua pemain itu diharapkan bisa selesai sebelum pendaftaran dua pertandingan tandang untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ditutup. Pendaftaran diketahui akan ditutup pada 3 Oktober 2024.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Bahrain, dan China mendatang. Skuad Garuda akan mampir lebih dulu ke Bahrain National Stadium, Riffa pada 10 Oktober 2024.

Kemudian, mereka akan bertamu ke Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, China pada 15 Oktober 2024 mendatang.

Topik Menarik