Ketua DPR Bertemu Ketua Parlemen Papua Nugini, Kerja Sama Pendidikan hingga Solidaritas Melanesia

Ketua DPR Bertemu Ketua Parlemen Papua Nugini, Kerja Sama Pendidikan hingga Solidaritas Melanesia

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 15:08
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Ketua Parlemen Papua Nugini Job Pomat di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jumat (27/9/2024). Pertemuan hubungan bilateral tersebut membahas potensi kerja sama ke depan.

Dalam pertemuan ini, Puan juga menekankan pentingnya solidaritas antar sesama negara Melanesia.

"Sebagai negara tetangga Indonesia di sebelah timur, pertemuan ini menunjukkan diplomasi Indonesia harus seimbang, yaitu harus memperhatikan negara tetangga kita juga di timur, dan tidak hanya memperhatikan persaingan antar negara besar," kata Puan di Gedung DPR.

Pada pertemuan tersebut, Puan didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Kemanan  Lodewijk F. Paulus dan Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto. 

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara menyampaikan komitmennya untuk saling memberi dukungan dan saling menghormati atas kedaulatan. Puan berharap apa yang dibicarakan mengenai isu kedaulatan bisa dibawa hingga ke forum internasional termasuk KTT Melanesian Spreadhead Group (MSG) pada November 2024 mendatang sebagai bagian dari bentuk solidaritas.

"Saya juga mendorong untuk memperkuat hubungan antar masyarakat (people-to-people contact) kedua negara. Bisa dengan dengan pertukaran kunjungan antara generasi muda, ataupun melalui kerja sama pendidikan antara kedua negara," katanya.

Mantan Menko PMK ini menambahkan, pertemuan bilateral di hari-hari terakhir DPR Periode 2019-2024 tidak menyurutkan semangat kerja sama antara DPR dan parlemen Papua Nugini. Selama 5 tahun terakhir, DPR RI disebut terus berperan aktif dalam menjalankan diplomasi parlemen untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dalam menghadapi tantangan global. 

"Karena saat ini adalah hari-hari terakhir DPR RI periode ini, maka saya ingin sampaikan bahwa DPR RI pada 5 tahun terakhir ini telah berperan aktif menjalankan diplomasi parlemen. Hal ini dilakukan untuk mengatasi berbagai tantangan global yang dihadapi dunia, dan memperjuangkan kepentingan Indonesia," kata Puan. 

Usai dialog, pertemuan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait kerjasama DPR RI dengan Parlemen Papua Nugini yang ditandatangani oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Parlemen PNG Job Pomat. 

Adapun isi dari MOU itu sendiri adalah kesepakatan untuk saling kunjung antara pimpinan dan anggota parlemen kedua negara, saling mendukung dalam forum parlemen internasional, peningkatan kapasitas (capacity building). 

Kemudian ada juga kerja sama praktik baik (best practices), dan pengalaman terkait fungsi Parlemen di bidang legislatif, anggaran, pengawasan dan juga kerja sama antar sekretariat Parlemen kedua negara untuk mendukung fungsi parlemen. 

Topik Menarik