Morning Update: Susu Ikan Baik untuk Bayi dan Anak-Anak? Ini Kata Dokter

Morning Update: Susu Ikan Baik untuk Bayi dan Anak-Anak? Ini Kata Dokter

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 14:10
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang bertanya, apakah susu ikan baik untuk bayi dan anak-anak? Jawabannya akan dibahas lengkap di artikel ini. 

Susu ikan menjadi sangat populer saat ini gegara pemerintah berencana memasukkan susu ikan dalam program makan bergizi gratis. Susu ikan diklaim punya manfaat yang tidak jauh berbeda dengan susu sapi. 

Namun, menurut Dokter Suwardi, Dokter Mikrobioma Medik, susu ikan tidak lebih baik ketimbang air susu ibu (ASI). 

dr Suwardi di Morning Update iNews TV (Foto: iNews TV)
dr Suwardi di Morning Update iNews TV (Foto: iNews TV)

"Air susu ibu lebih bagus, karena nutrisinya lengkap. Itu kenapa, bayi yang baru lahir langsung diberikan ASI," kata dr Suwardi dalam tayangan Morning Update iNews TV, Jumat (27/9/2024). 

Dokter Suwardi menerangkan kalau di dalam ASI itu terdapat bakteri baik yang jika masuk ke dalam tubuh bayi, itu akan melatih sistem kekebalan si bayi agar bisa membedakan mana bakteri yang baik dan jahat. Ini penting supaya bayi tidak mudah sakit. 

Di kesempatan itu, dr Suwardi berpendapat jika susu ikan yang digadang-gadang bisa menurunkan angka stunting di Indonesia, tidak lebih baik juga ketimbang daging ikan. Artinya, masih lebih baik makan daging ikan langsung daripada susu ikan. 

"Susu ikan itu melewati proses, dan karena proses itu dikhawatirkan nutrisi baik di dalam daging ikan akan rusak, seperti Omega 3 misalnya," jelas dr Suwardi. 

Jadi, daripada minum susu ikan, lebih baik beri anak-anak makan daging ikan. Jika si kecil kurang suka dengan aroma ikan yang mungkin amis, maka proses pengolahannya bisa dimodifikasi, tapi dipastikan jangan sampai merusak nutrisi baik dari daging ikannya. 

"Ikan itu kaya akan Omega 3. Saya sangat sarankan olah ikan dengan cara direbus atau dipepes, ini memastikan nutrisinya masih terjaga. Kalau digoreng atau dibakar, nutrisinya kemungkinan hilang 50, kalau diblender seperti pada proses pembuatan susu ikan, ya, kemungkinan besar hampir semua nutrisi baik di daging ikan hilang," ujar dr Suwardi. 

Jadi, itulah informasi terkait apakah susu ikan baik untuk bayi dan anak-anak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Topik Menarik