Menlu Retno di Markas PBB: Sekarang Waktu yang Tepat Negara Palestina Diakui

Menlu Retno di Markas PBB: Sekarang Waktu yang Tepat Negara Palestina Diakui

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 08:54
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengakui negara Palestina. Pengakuan ini penting untuk mewujudkan solusi dua negara atau two-state solution.

Pernyataan itu disampaikan Retno dalam pertemuan bertajuk The Situation in Gaza and the Implementation of the Two-State Solution as a Path to a Just and Comprehensive Peace di Markas PBB, New York, Kamis (26/9/2024).

Dia menyatakan pengakuan ini tidak hanya memberikan harapan bagi rakyat Palestina, tetapi juga merupakan cara penting untuk memberikan tekanan politik kepada Israel agar menghentikan kekejamannnya.

Retno menolak pandangan beberapa negara yang menunda pengakuan Palestina dengan alasan menunggu waktu yang tepat.

“Kapan waktu yang tepat itu? Bagi saya, waktunya adalah sekarang. Kita tidak ingin menunggu hingga semua rakyat Palestina terusir atau hingga 100.000 orang terbunuh untuk menganggap bahwa itu adalah waktu yang tepat,” ujar dia.

Selain itu, Retno juga menyoroti urgensi implementasi Resolusi Majelis Umum PBB ES-10/24 yang menuntut Israel untuk mengakhiri kehadiran ilegalnya di Wilayah pendudukan Palestina. Dia menegaskan harapan untuk perdamaian akan hancur jika negara-negara anggota PBB tidak memiliki keberanian dan hati untuk menekan satu negara agar mematuhi resolusi tersebut.

Indonesia, kata Retno, mendesak seluruh negara untuk memastikan implementasi resolusi ini. 

“Indonesia mendesak seluruh negara untuk memastikan bahwa implementasi resolusi tersebut benar-benar terjadi,” tegasnya.

Topik Menarik