Donald Trump Janji Coba Bikin Kesepakatan Nuklir dengan Iran jika Jadi Presiden AS Lagi

Donald Trump Janji Coba Bikin Kesepakatan Nuklir dengan Iran jika Jadi Presiden AS Lagi

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 08:15
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Mantan Presiden AS yang juga calon presiden (capres) dari Partai Republik, Donald Trump, akan mencoba untuk menyelesaikan kesepakatan nuklir dengan Iran jika terpilih kembali pada pemilu November nanti. 

"Tentu, saya akan melakukannya," kata Trump ketika ditanya wartawan apakah dia akan mempertimbangkan untuk membuat kesepakatan nuklir dengan Iran, Kamis (26/9/2024).

Pada 2015, Iran sebenarnya telah menandatangani perjanjian nuklir yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA). Perjanjian itu disepakati bersama dengan Amerika Serikat, China, Rusia, Prancis, Jerman, dan Inggris, dengan partisipasi Uni Eropa. 

Berdasarkan ketentuan perjanjian tersebut, Iran akan mengurangi program nuklirnya. Sebagai imbalannya, Teheran akan mendapatkan keringanan sanksi dari AS dan Barat.

Akan tetapi, pada 2018, Amerika Serikat menarik diri dari JCPOA. Keputusan itu diambil Washington DC tatkala AS berada di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump. Keluarnya AS dari JCPOA menyebabkan perjanjian itu gagal dilaksanakan.

Pada 2021, Iran secara sukarela mengizinkan Badan Atom PBB (IAEA) untuk mengganti kamera di fasilitas nuklirnya di Kota Karaj. Akan tetapi, Teheran menegaskan tidak akan memberikan data dari rekaman kamera tersebut sampai AS mencabut sanksi yang diberlakukan kembali sejak 2018.

Pilpres AS 2024 akan dilangsungkan pada 5 November. Kompetisi demokrasi itu bakal menjadi ajang pertempuran Trump melawan capres dari Partai Demokrat, Kamala Harris.

Topik Menarik