Partai Perindo Tekankan Peran Penting Jubir sebagai Perpanjangan Tangan Cakada

Partai Perindo Tekankan Peran Penting Jubir sebagai Perpanjangan Tangan Cakada

Terkini | inews | Jum'at, 27 September 2024 - 08:04
share

JAKARTA, iNews.id - Juru bicara (jubir) Partai Perindo akan menjadi perpanjangan tangan bagi kader-kader yang tengah bertarung dalam Pilkada 2024. Peran jubir dinilai sangat penting, karena tidak semua aspek kampanye bisa langsung dijangkau oleh calon kepala daerah (cakada).

Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan HAM, Tama S Langkun, menegaskan profil cakada sangat mempengaruhi hasil pemilihan, sehingga jubir diperlukan untuk mewakili dan membahasakan posisi politik para kandidat. Dengan dukungan jubir yang efektif, komunikasi politik dapat berlangsung lebih lancar dan terarah.

"Ketokohan sangat krusial dalam pemilihan kepala daerah, dan tim jubir adalah orang-orang yang bisa merepresentasikan tokoh-tokoh tersebut. Tidak semua kegiatan bisa dihadiri langsung oleh calon kepala daerah, di situlah peran jubir menjadi penting," ujar Tama di kantor DPP Partai Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2024).

Dia mengungkapkan, ada sekitar 59 kader Partai Perindo sedang berjuang di berbagai daerah untuk pilkada. Jubir yang dilatih nantinya akan membantu mengomunikasikan program dan visi misi calon kepala daerah dari Partai Perindo kepada publik.

"Kami juga sudah memerintahkan kepada semua struktur DPP, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten atau kota, untuk mengawal semua kandidat yang sudah mendapatkan rekomendasi dari partai," ujar Tama.

Saat ini, kata dia, Partai Perindo telah menyiapkan sekitar 16 juru bicara di level DPP. Jumlah itu rencananya akan diperluas hingga ke daerah-daerah yang belum terjangkau. 

Pelatihan jubir ini juga menjadi bagian dari strategi konsolidasi internal partai dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Kita ingin memastikan bahwa setiap calon tokoh yang kita anggap layak dapat dipublikasikan dengan baik. Dengan begitu, mereka mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat," tutup Tama.

Topik Menarik