Putin Mau Ubah Doktrin Nuklir Rusia, Barat Wajib Waspada Ukraina Bisa Kena Bom Atom

Putin Mau Ubah Doktrin Nuklir Rusia, Barat Wajib Waspada Ukraina Bisa Kena Bom Atom

Terkini | inews | Kamis, 26 September 2024 - 20:37
share

MOSKOW, iNews.id – Keputusan Rusia untuk mengubah doktrin nuklirnya tidak boleh dianggap main-main. Kremlin pun menyatakan, hal itu seharusnya menjadi peringatan serius bagi Barat.

Pada Rabu (25/9/2024) kemarin, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan rencana untuk melonggarkan aturan terkait dengan penggunaan senjata nuklir negara itu. Salah satunya adalah, Moskow dapat melancarkan respons nuklir jika terjadi serangan udara besar-besaran terhadap wilayah Rusia. 

Doktrin terbaru itu juga akan memungkinkan Moskow menggunakan senjata nuklirnya terhadap negara-negara non-nuklir jika mereka didukung oleh kekuatan nuklir. Prinsip yang kedua ini jelas-jelas merujuk kepada Ukraina dan para pendukung Baratnya yang memiliki kekuatan nuklir seperti AS, Inggris, dan Prancis.

“(Rencana perubahan doktrin nuklir Rusia ini) harus dianggap sebagai sinyal khusus. Sebuah sinyal yang memperingatkan negara-negara ini tentang konsekuensi jika mereka berpartisipasi dalam serangan terhadap negara kami dengan berbagai cara, tidak mesti nuklir,” kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan di Moskow, Kamis (26/9/2024).

Tanpa menyebut nama Ukraina, Peskov mengatakan doktrin pencegahan nuklir Rusia sedang disesuaikan karena adanya unsur ketegangan yang berkembang di sepanjang perbatasan wilayah negara itu.

Usulan perubahan doktrin nuklir Moskow itu muncul tatkala Ukraina getol memohon-mohon ke Barat agar mengizinkan Kiev menggunakan rudal jarak jauh untuk menyerang ke dalam wilayah Rusia. Putin sendiri memiliki kewenangan untuk menyetujui perubahan doktrin itu.

Infografis Putin Bakal Ubah Doktrin Nuklir Rusia
Infografis Putin Bakal Ubah Doktrin Nuklir Rusia

Kiev beralasan, pihaknya perlu menggunakan rudal jarak jauh untuk menyasar lapangan udara dan infrastruktur militer Rusia yang digunakan untuk melancarkan serangan ke Ukraina. Akan tetapi, permintaan itu sampai kini belum mendapat lampu hijau dari AS dkk.

Barat menuduh Putin melakukan ancaman nuklir yang tidak bertanggung jawab selama perang di Ukraina. Menurut mereka, bos Kremlin itu telah mengeluarkan beberapa ancaman nyata tentang kesediaan Moskow untuk mengerahkan senjata nuklirnya.

Topik Menarik