Penyerahan 5 Tersangka Korupsi di Lembata ke Rutan Kupang Diwarnai Histeris Keluarga

Penyerahan 5 Tersangka Korupsi di Lembata ke Rutan Kupang Diwarnai Histeris Keluarga

Terkini | inews | Kamis, 26 September 2024 - 17:22
share

LEMBATA, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Lembata mengirimkan lima tersangka kasus dugaan korupsi ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kupang untuk menjalani proses persidangan, Kamis (26/9/2024). Para tersangka ini diduga terlibat dalam dua kasus berbeda, yakni korupsi proyek peningkatan jalan dan pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) fisik reguler bidang pendidikan tahun anggaran 2022.

Pengiriman para tersangka ke Kupang sempat diwarnai aksi protes dari salah satu tersangka yang tidak terima. Mereka histeris di pintu keluar Bandara El Tari Kupang saat para tersangka digiring menuju mobil tahanan.

Kasus pertama melibatkan proyek peningkatan jalan Simpang Lerahinga-Simpang Banutubo dengan nilai proyek mencapai Rp5,6 miliar. Tiga tersangka dalam kasus ini, Yeli Yumina Lay (rekanan), Yakobus Madar (konsultan pengawas) dan Aloysius Panang (Pejabat Pembuat Komitmen/PPK). 

Berdasarkan hasil audit, kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp2,5 miliar. Sementara itu, dua tersangka lainnya, yakni MFO (Ketua Panitia Pembangunan Sekolah/P2S) dan HA (fasilitator teknis), diduga melakukan korupsi dalam pengelolaan DAK fisik reguler bidang pendidikan untuk sekolah luar biasa di Lewoleba. 

Total anggaran yang terlibat dalam kasus ini, Rp941 juta dengan kerugian negara sebesar Rp271 juta. "Hari ini kami limpahkan dua perkara, selain perkara peningkata jalan Simpang Lerahinga - Simpang Banutubo, ada satu perkara korupsi lagi yaitu perkara pengerjaan SLB pada tahun anggaran 2022," ujar Kajari Lembata Yupiter Selan, Kamis (26/9/2024). 

Dia mengatakan, para tersangka telah melanggar ketentuan hukum yang berlaku dan akan dijerat dengan pasal-pasal tindak pidana korupsi. Menurutnya, tindakan korupsi tidak hanya merugikan keuangan negara, tetapi juga menghambat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Topik Menarik