Ini Sederet Instruksi Bahlil ke Dirjen Minerba yang Baru Dilantik

Ini Sederet Instruksi Bahlil ke Dirjen Minerba yang Baru Dilantik

Ekonomi | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 18:36
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyampaikan berbagai instruksi kepada Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Tri Winarno yang baru dilantik di Gedung Sarulla, Kementerian ESDM, Jakarta, hari ini, Jumat (20/9/2024). Pertama, Bahlil meminta Tri segera membangun konsolidasi di tingkat organisasi baik kepada direktur maupun non-direktur. 

Kedua, Bahlil menyampaikan agar Tri mereformasi berbagai macam kebijakan dan aturan. 

"Reformasi segala macam kebijakan, aturan. Jangan sampai aturan menyulitkan kita sendiri," ujar Bahlil, Jumat (20/9/2024).

Selain itu, Bahlil juga meminta Tri Winarno untuk melayani urusan-urusan pihak masyarakat dan perusahaan. 

"Urusan Minerba One Data Indonesia (MODI), urusan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB), Izin Usaha Pertambangan (IUP), IUP tumpang tindih, yang tidak berhak diberikan MODI dikasih MODI. Saya minta Bapak menyelesaikan itu," kata dia. 

Tak hanya itu, Bahlil juga mendesak Tri untuk menghapus konsultan-konsultan yang ada di Minerba. Menurutnya, kehadiran konsultan itu hanya akan menghambat proses perizinan investasi.

"Konsultan-konsultan di Minerba dihapuskan, ini yang membuat ribet. Inilah yang menjadi akar masalah sehingga para penegak hukum masuk. Segera tertibkan oknum-oknum ataupun pihak lain di luar institusi yang mengatasnamakan pejabat di institusi. Itu arahan saya yang harus berlakukan," tuturnya. 

Topik Menarik