Shin Tae-yong: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Menyatu dengan Pemain Timnas Indonesia

Shin Tae-yong: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Menyatu dengan Pemain Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 14:00
share

BANDUNG, iNews.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menilai dua calon pemain naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah menyatu dengan skuad. Mereka memang sudah sempat berlatih dengan skuad Garuda meski belum resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Hilgers dan Eliano tinggal menunggu terbitnya keputusan Presiden (Keppres) dari Joko Widodo. Keduanya sudah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam Rapat Paripurna Ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025.

Setelah itu, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan melantik Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai WNI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Belanda pada 23 September mendatang.

“Ya, saya berharap ini (naturalisasi) akan bisa terjadi. Kita tunggu dan lihat nanti,” harap Shin Tae-yong saat menyaksikan pertandingan Persib Bandung vs Port FC di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (19/9/2024).

Pelatih asal Korea Selatan ini mengaku sudah antusias dengan kehadiran dua pemain keturunan asal Belanda tersebut. Mereka akan membuat Timnas Indonesia akan jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

“Mereka sudah menyatu dengan pemain lainnya di timnas Indonesia,” katanya. 

Shin Tae-yong membenarkan proses naturalisasi ini ramai diperbincangkan di publik, terutama di media sosial. Namun dia merasa itu bukan masalah besar yang harus dipusingkan.

Apalagi pemain yang dinaturalisasi masih memiliki darah Indonesia. Dengan demikian mereka sangat berhak memakai kostum dengan logo Garuda di dada.

“Tapi saya hanya melihat yang merupakan keturunan Indonesia. Jadi tidak ada pemain tanpa darah Indonesia yang membuat saya tertarik,” tegasnya. 

Eliano merupakan pemain PEC Zwolle yang bermain di Eredivisie atau Liga kasta tertinggi di Belanda. Pemain 23 tahun ini memiliki darah Indonesia dari sang Ibu, Syane Lekatompessy yang berasal dari Ambon.

Sementara Mees Hilgers, merupakan pemain yang beroperasi sebagai bek tengah. Pemain yang saat ini membela FC Twente di Eredivisie ini memiliki darah Indonesia dari ibu yang berasal dari Sulawesi Utara.

Topik Menarik