Bahlil Lantik Tri Winarno Jadi Dirjen Minerba yang Baru

Bahlil Lantik Tri Winarno Jadi Dirjen Minerba yang Baru

Ekonomi | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 14:13
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri ESDM Bahlil Lahadalia melantik Tri Winarno sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) di Gedung Sarulla Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/9/2024). 

Pria yang akrab disapa TW ini mulai masuk Kementerian ESDM pada tahun 2005 dan memulai karier struktural pertama di Direktorat Teknik dan Lingkungan Minerba sebagai Kepala Seksi Standarisasi Mineral di tahun 2009. 

Sebelumnya, Tri diamanahkan sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral pada bulan Februari 2024 setelah sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Program Minerba. Dia juga pernah menjadi Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batu bara.

Lulusan sarjana Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (1997) ini dikenal sebagai sosok yang humoris namun tegas. 

Tri merampungkan pendidikan magister Teknik Geologi di Universitas Gadjah Mada (2007), kemudian menamatkan studi doktoral Pertambangan di Freiberg Technische Universitat Bergakademie, Jerman (2016).

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Siti Sumilah Rita Susilawati juga membenarkan pelantikan TW sebagai Dirjen Minerba. 

"Hari ini ada pelantikan, Insyaallah Pak Tri. Mohon ditunggu saja," ujarnya, Jumat (20/9/2024).

Seperti diketahui, posisi Dirjen Minerba memang masih kosong setelah ditinggalkan Ridwan Djamaluddin yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pertambangan bijih nikel IUP PT Antam di Blok Mandiodo, Konawe Utara, pada 2021-2023.

Menteri ESDM yang menjabat saat itu, Arifin Tasrif, hanya melantik Bambang Suswantono menjadi pelaksana tugas (Plt) Dirjen Minerba sejak 1 September 2023. Adapun Bambang juga merangkap jabatan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian ESDM.

Topik Menarik