Alasan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Disumpah Jadi WNI di Belanda, Demi Timnas Indonesia!

Alasan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Disumpah Jadi WNI di Belanda, Demi Timnas Indonesia!

Olahraga | inews | Rabu, 18 September 2024 - 15:34
share

JAKARTA, iNews.id – Apa alasan pengambilan sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dikebut di Belanda? Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia (Menkumham RI), Supratman Andi Atgas menjelaskannya secara detail. 

Proses naturalisasi Mees dan Eliano sudah disetujui oleh Komisi III dan X DPR RI, Selasa (17/9/2024) kemarin. Kedua pemain keturunan itu sekarang tinggal menunggu Surat Keputusan Presiden (Keppres), dan pengambilan sumpah sebagai WNI.

Namun, proses naturalisasi keduanya kini dikebut untuk membuka peluang membela Timnas Indonesia di laga ketiga dan keempat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober 2024. 

Untuk itu, keduanya dipastikan akan mengambil sumpah sebagai WNI di Kedutaan Besar Indonesia di Belanda.

“Nah terkait dengan dua pemain yang terakhir kenapa saya statemen kemarin itu akan dilakukan sumpah, karena kita mengejar target untuk pertandingan ketiga yang akan datang, yang akan berlangsung di Bahrain maupun yang berlangsung di China,” kata Supratman kepada awak media, Rabu (18/9/2024).

“Karena kalau kita menunggu mereka datang ke sini, hari ini keduanya tidak diizinkan klub sementara untuk meninggalkan klubnya masing-masing. Karena itu kita proaktif pengambilan sumpahnya akan diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda,” ujarnya.

Setelah itu, keduanya akan didaftarkan sebagai pemain Timnas Indonesia melawan Bahrain dan China. 

Supratman mengatakan pengambilan sumpah WNI di Kedubes RI untuk Belanda bukan masalah. Menurutnya, perwakilan dari Kemenkumham, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) akan berangkat ke Belanda pada hari Minggu (22/9/2024).

“Tidak ada masalah, karena jangan lupa Kedubes RI itu wilayah kedaulatan Indonesia,” Supratman menjelaskan.

“Mungkin hari Minggu, nanti Dirjen AHU akan berangkat ke sana, mudah mudahan hari Senin sudah bisa prosesnya,” ucapnya.

Infografis Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bakal Ambil Sumpah WNI di Belanda

Topik Menarik