Menag Mangkir Lagi Panggilan DPR, Pansus Haji Beri Ultimatum

Menag Mangkir Lagi Panggilan DPR, Pansus Haji Beri Ultimatum

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 11:53
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Angket Haji DPR Marwan Dasopang mengultimatum Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas lantaran tak hadir panggilan klarifikasi terkait penyelenggaraan haji 2024, Rabu (18/9/2024) pagi. Dia menyebut tak hadirnya Yaqut lantaran tengah melakukan perjalanan dinas luar negeri.

"Ya disebutkan perjalanan ke beberapa negara. Bagi kami ini tidak relevan," kata Marwan saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2024).

Menurutnya, langkah Yaqut aneh lantaran tak mengindahkan panggilan Pansus Angket Haji DPR. Dia pun mempertanyakan urgensi kedinasan Yaqut di luar negeri dibanding dengan panggilan Pansus Angket Haji DPR.

"Sejak awal kan dia sudah tau, mestinya dia selesaikan dong persidangan ini. Se-urgent apakah di sana, nggak tau. Kalau urgent ya balik lagi segera," ucap Marwan.

Kendati begitu, Marwan menyatakan, Pansus Angket Haji DPR mengultimatum Yaqut. Politisi PKB ini pun meminta agar Yaqut segera pulang ke tanah air untuk mempertanggungjawabkan pekerjaannya.

"Iya itu (ultimatum Yaqut), ya pulang dong untuk mempertanggungjawabkan pekerjaannya," kata Yaqut.

Meski demikian, Marwan menyatakan, pihaknya tak membutuhkan keterangan Yaqut. Pasalnya, kata dia, bahan Pansus Angket Haji DPR telah cukup untuk menyusun kesimpulan.

"Tapi (keterangan Yaqut) ini penting karena ini kebijakan dari dia. Supaya kesalahan ini ditimpahkan ke siapa? Tentu di dalam organisasi kesalahan terhadap pimpinan. Kalau dia tidak datang, maka tidak ada pengurangan apapun dari penilaian kami. Karena dia tidak punya jawaban," ucap Marwan. 

Topik Menarik