140 Personel Polri Diberangkatkan ke Bangui Afrika Tengah, Ikut Misi Perdamaian PBB

140 Personel Polri Diberangkatkan ke Bangui Afrika Tengah, Ikut Misi Perdamaian PBB

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 10:57
share

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 140 personel yang tergabung dalam kontingen Satuan Tugas Garuda Bayangkara FPU 6 MINUSCA, diberangkatkan ke Bangui, Republik Afrika Tengah. Mereka akan menjalani misi perdamaian PBB.

"Upacara yang dilaksanakan hari ini merupakan bentuk penghormatan dan kepercayaan pemerintah maupun lembaga kepada rekan-rekan kontingen Garuda Satgas FPU 6 Minusca yang telah dipersiapkan sedemikian rupa, untuk menjalankan tugas dan misi perdamaian dunia mewakili negara Indonesia," kata Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Agus menjelaskan, Kontingen Satgas Garuda FPU MINUSCA keenam ini telah melalui tahap persiapan yang panjang. Yakni diawali dengan proses seleksi, pembekalan, pelatihan, dan asesmen yang dilaksanakan secara langsung oleh tim dari PBB. 

"Seluruh proses penyiapan tersebut memakan waktu 8 bulan, sehingga seluruh personel yang akan diberangkatkan telah dibekali dan memiliki kemampuan serta keterampilan yang terstandarisasi standar PBB," katanya.

Dalam misi Minusca keenam ini, kontingen Polri juga menyertakan sebanyak 27 anggota personel Polisi Wanita. 

"Keterlibatan Polisi Wanita dalam penugasan FPU memberikan bukti bahwa Polisi Wanita Indonesia telah mampu menunjukkan eksistensi dalam center state of policing, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di dunia internasional," ucapnya.

Agus menjelaskan, misi MINUSCA Afrika Tengah tahun 2024-2025 merupakan tahun keemam keikut sertaan kontingen Polri. Di mana pada periode sebelumnya, kontingen Polri telah mampu menunjukkan kiprah dan kemampuan terbaik di daerah misi tersebut.

"Sehingga mendapatkan penghargaan dari Presiden Afrika Tengah atas partisipasi kontingen Polri yang turut membantu pengamanan pemilu," katanya.

Agus pun meminta Kontingen Satgas Garuda Bayangara ke-6 MINUSCA dapat mengukir prestasi, dan menunjukkan kinerja terbaiknya.

"Sebagaimana yang telah dicapai oleh kontingen-kontingen sebelumnya, serta terus jaga nama baik Polri dan bangsa Indonesia di kancah internasional," katanya.

Topik Menarik