10 Capim KPK Tes Wawancara di Hari Kedua, Johanis Tanak hingga Pahala Nainggolan 

10 Capim KPK Tes Wawancara di Hari Kedua, Johanis Tanak hingga Pahala Nainggolan 

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 10:44
share

JAKARTA, iNews.id - Pansel KPK kembali menggelar tes wawancara bagi 10 calon pimpinan KPK di kantor Kemensetneg, Jakarta, Rabu (18/9/2024). Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mendapat urutan pertama untuk melakukan tes wawancara tersebut.

Diketahui tes wawancara itu sudah dimulai sekitar pukul 08.30 WIB. Johanis Tanak dicecar oleh 11 panelis yang terdiri dari 9 pansel dan 2 panelis eksternal. 

Dua panelis eksternal itu yakni Ketua KPK periode 20z03–2007 Taufiequrachman Ruki dan Ketua Dewan Etik Indonesia Corruption Watch (ICW) 2016–2022 Dadang Trisasongko.

Adapun 10 Capim KPK yang menjadi peserta tes wawancara hari ini sebagai berikut:

1. Johanis Tanak

2. Michael Rolandi Cesnanta Brata

3. Muhammad Yusuf

4. Pahala Nainggolan

5. Poengky Indarti

6. Sang Made Mahendrajaya

7. Setyo Budiyanto

8. Sugeng Purnomo

9. Wawan Wardiana

10. Yanuar Nugroho

Sebelumnya, Ketua Pansel Capim dan Calon Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh mengatakan, berbagai persoalan akan didalami oleh pansel. Salah satunya termasuk kemunduran kinerja KPK, yang belakangan disuarakan berbagai elemen masyarakat.

"Semuanya termasuk hal itu (isu kemunduran KPK)," kata Yusuf Ateh, Selasa (17/9/2024).

Sebelumnya, KPK meminta tahapan tes wawancara capim dan calon anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK disiarkan secara langsung atau lewat streaming. Hal ini demi menjaga akuntabilitas dan transparansi proses seleksi.

"Kami mendorong pelaksanaan wawancara Capim dan Dewas KPK dapat dilakukan dengan terbuka dan dapat disaksikan oleh masyarakat melalui siaran langsung atau streaming," kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika kepada wartawan, Selasa (17/9/2024).

Menurut dia, KPK perlu untuk mengetahui latar belakang hingga visi misi para capim dan calon anggota dewas, terutama untuk menentukan program ke depan.

"Selain itu KPK juga telah menyusun roadmap jangka panjang pemberantasan korupsi, sehingga penting bagi KPK untuk memastikan arah dan kebijakan setiap periode kepemimpinan KPK selaras dengan roadmap tersebut," jelasnya.

Topik Menarik