Tekan Kasus DBD, Dinkes Jakarta Uji Coba Lepas Telur Nyamuk Wolbachia di Jakbar

Tekan Kasus DBD, Dinkes Jakarta Uji Coba Lepas Telur Nyamuk Wolbachia di Jakbar

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 09:57
share

JAKARTA, iNews.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan menguji coba pelepasan telur nyamuk Wolbachia dalam upaya menekan angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebanyak 1.400 ember berisi telur nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia akan dilepas di wilayah Kembangan Utara, Jakarta Barat, pada 27 September 2024.

Teknologi Wolbachia sebelumnya berhasil diimplementasikan di Yogyakarta pada 2022. Kasus DBD di wilayah tersebut menurun hingga 77 persen.

Anggota DPRD Oman Rohman Rakinda menyarankan agar Dinkes memantau perkembangan uji coba tersebut secara berkala untuk memastikan efektivitas teknologi ini.

"Dinas Kesehatan harus terus memantau selama pelaksanaan, supaya hasilnya objektif," ujar Oman seperti dikutip dari situs resmi DPRD Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Oman juga berharap pelepasan nyamuk Wolbachia ini mampu menekan kasus penyakit menular lain seperti chikungunya dan Zika, sehingga kesehatan warga Jakarta bisa lebih terjaga.

Sementara itu, anggota DPRD Jakarta lainnya, M Taufik Zoelkifli mengimbau agar Dinkes secara aktif melakukan sosialisasi kepada warga, terutama di Kembangan Utara.

Sosialisasi ini penting untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat terhadap potensi dampak negatif dari teknologi baru ini.

"Dinkes perlu melakukan sosialisasi resmi, misalnya lewat media sosial, agar warga lebih paham dan tidak khawatir. Jika hasilnya baik, pasti akan kami dukung penuh," kata Taufik.

Topik Menarik