Korban Tewas Ledakan Massal Pager di Lebanon 11 Jiwa, Korban Luka Capai 4.000 Orang

Korban Tewas Ledakan Massal Pager di Lebanon 11 Jiwa, Korban Luka Capai 4.000 Orang

Berita Utama | inews | Rabu, 18 September 2024 - 06:28
share

BEIRUT, iNews.id - Jumlah korban yang terluka akibat ledakan massal pager di Lebanon meningkat menjadi 4.000 orang. Sementara jumlah korban tewas bertambah menjadi 11 jiwa. 

"Dan jumlah korban luka berat telah meningkat menjadi 400 orang," kata Menteri Kesehatan Lebanon, Firas Abyad, kepada lembaga penyiaran al-Jadeed, Selasa (17/9/2024).

Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Lebanon mengutuk serangan dengan modus peledakan pager itu. Koordinator Khusus untuk Lebanon Jeanine Hennis-Plasschaert mengatakan, banyak di antara korban luka yang kritis. Sementara di antara korban jiwa terdapat anak-anak.

Hennis-Plasschaert pun mengingatkan semua pihak yang berkepentingan bahwa warga sipil tidak boleh menjadi sasaran serangan apa pun.

Kementerian Luar Negeri Lebanon menyatakan ledakan pager tersebut disebabkan oleh serangan siber Israel. Sementara portal berita Amerika, Axios, menyebut operasi peledakan pager di Lebanon itu telah disetujui Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Media melaporkan bahwa pager digunakan oleh Hizbullah sebagai sistem komunikasi tertutup yang paling tidak rentan terhadap peretasan dan penyadapan.

Topik Menarik