10 Tempat Nongkrong di Solo yang Kekinian dan Instagramable

10 Tempat Nongkrong di Solo yang Kekinian dan Instagramable

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 22:03
share

JAKARTA, iNews.id - Tempat nongkrong di Solo memang menarik untuk diulas. Salah satu istimewa di Jawa Tengah ini acap kali menjadi suatu tempat berkunjung yang tak boleh dilewatkan. 

Kota Batik ini tak hanya terkenal dengan budayanya namun juga tempat-tempat kekinian dengan gaya yang unik. Ini dibuktikan dengan maraknya tempat nongkrong asik yang banyak dikunjungi oleh Gen Z.

Lantas, mana saja tempat nongkrong di Solo yang patut dikunjungi? Penasaran? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dilansir berbagai sumber, Senin (16/9/2024). 

Tempat Nongkrong di Solo

1. Wedangan Pendopo 

Alamat: Jl. Sri Gading I No. 7, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Jam operasional: Buka setiap hari dari pukul 18.00 sampai 00.00 WIB. 

Wedangan Pendopo tak hanya terkenal di kalangan masyarakat lokal, tetapi juga menjadi favorit keluarga Presiden Joko Widodo. Begitu melangkah masuk, pengunjung akan disambut nuansa klasik yang kental.  

Berbagai pernak-pernik vintage, seperti sepeda ontel, radio lawas, dan iklan-iklan tempo doeloe, menghiasi ruangan. Ditambah lagi dengan lampu kuning yang temaram, menciptakan suasana hangat dan nyaman. 

Seperti layaknya angkringan, pengunjung bisa mengambil lauk sendiri dari berbagai pilihan yang tersedia. Menunya pun beragam, mulai dari tempe, tahu bacem, aneka sate, hingga berbagai sayur. 

2. Grandis Barn 

Alamat: Jl. Adi Sucipto, Blukukan Dua, Blulukan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah. 

Jam operasional: Buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. 

Grandis Barn terkenal sebagai salah satu tempat nongkrong favorit di Solo dengan suasananya yang asri dan menawan. Terletak di tengah hutan jati, kafe ini memiliki bentuk menyerupai gudang yang dikelilingi pepohonan rindang.  

Interiornya pun didesain dengan apik, dihiasi lampu kuning yang menghadirkan suasana hangat dan homey. Keindahannya inilah yang membuat Grandis Barn kerap dijadikan lokasi pernikahan. 

Selain suasana yang indah, terdapat juga pilihan menu yang beragam dari sajian nusantara hingga western, semua tersedia di sini. 

3. Cafe Tiga Tjeret 

Alamat: Jl. Ronggowarsito No.97, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Jam operasional: Buka setiap hari dari pukul 11.00 sampai 00.00 WIB. 

Cafe Tiga Tjeret menawarkan tempat nongkrong asyik di Solo dengan dekorasi yang unik. Berbagai barang daur ulang disulap menjadi hiasan cantik, mulai dari tempat duduk, tempat tisu, lampu, hingga hiasan dinding. 

Menunya disajikan dengan konsep prasmanan, dan kemudian akan diantarkan ke meja setelahnya. Menu yang ditawarkan layaknya menu wedangan khas Solo, antara lain tempe mendoan, bakwan, nasi lada hitam, nasi teri gurih, nasi bandeng, dan lain-lain.  Akan ada iringan live music yang menambah suasana cozy Cafe Tiga Tjeret. 

4. The Hidden Swargi 

Alamat: Jl. Jageran No.1, RT.03 RW 04, Ketelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Jam operasional: Buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 00.00 WIB. 

Terletak jauh dari keramaian kota Solo, The Hidden Swargi menjadi tempat ideal untuk bersantai dan menikmati secangkir kopi istimewa. Kafe ini menempati bangunan joglo yang direnovasi dengan sentuhan modern. 

Dindingnya diubah menjadi partisi kaca, menghadirkan suasana yang terang dan nyaman. Perpaduan arsitektur tradisional dan modern ini menciptakan pesona unik yang tak terlupakan. 

The Hidden Swargi menawarkan berbagai pilihan minuman kopi, mulai dari menu klasik seperti espresso, cappuccino, dan caffe latte, hingga mocktail spesial racikan mereka. Selain itu, terdapat menu makanan, seperti chicken wings, fried calamari, dan pasta yang siap memanjakan lidah. 

5. Omah Londo 

Alamat: Jl. Agus Salim No.2A, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

Jam operasional: Buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 00.00 WIB. 

Omah Londo menghadirkan nuansa nostalgia dengan interior bergaya tahun 80-an di dalam bangunan rumah Belanda yang klasik. Suasana ini semakin asyik dengan lantunan live music yang diadakan setiap akhir pekan, cocok untuk kumpul bareng teman dan menikmati waktu bersama. 

Omah Londo menawarkan berbagai menu makanan berat seperti nasi, bakmi, dan aneka sayuran yang dibungkus daun pisang. Semua menu ini disajikan dengan cita rasa yang lezat dan harga terjangkau mulai dari Rp2.000an saja. 

6. Marakez Cafe 

Alamat: Jl. Untung Suropati No.76 Kec. Pasar Kliwon, Surakarta 57113. 

Jam operasional: Buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. 

Bagi anak muda Solo yang mencari tempat nongkrong dengan suasana homey dan romantis, Marakez Cafe wajib dikunjungi. Resto ini berkonsep rumah kuno dengan halaman luas, memberikan pilihan bersantap indoor, teras, atau outdoor untuk menambah suasana intim. 

Marakez Cafe menawarkan hidangan khas Timur Tengah seperti nasi mandhi, nasi bukhari, dan shish touk. Tak perlu khawatir jika tak menyukai masakan Timur Tengah, tersedia menu western seperti ayam, club sandwich, dan spaghetti carbonara.  

Semua menu dibanderol dengan harga terjangkau mulai dari Rp15.000 hingga Rp60.000 dengan porsi yang memuaskan. 

7. Joxs Coffee 

Alamat: Ruko Jl. Popda No.17, Nusukan, Banjarsari, Surakarta. 

Jam operasional: Buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 23.00 WIB. 

Joxs Coffee merupakan tempat nongkrong yang cocok untuk anak muda. Tak hanya ruangan indoor, disediakan pula tempat outdoor bagi pengunjung. Dengan nuansa yang kekinian, pengunjung dapat bersantai dengan teman atau pacar. 

Di sana, ada banyak menu dari kopi hingga cemilan dengan harga terjangkau di bawah Rp20.000.

8. Mommilk Solo

Alamat:  Jl. Kanthil No.4, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta

Jam Operasional: Buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. 

Mommilk Solo merupakan temapt yang cocok dikunjungu bagi kamu para pencinta minuman susu. yang berlokasi dekat dengan Stadion Manahan paling pas dikunjungi mereka pencinta minuman susu. Di cafe susu yang berlokasi dekat di Stadion Manahan ini kamu bisa menemukan berbagai aneka sajian minuman susu yang lezat. 

Selain susu dengan varian rasa, di Mommilk Solo kamu bisa menemuakn aneka menu makanan enak, mulai dari kentang goreng, mie goreng, nasi goreng, sampai steak. Tak hanya menyajikan makanan dan minuman lezat, di sini pengunjung juga bisa berswafoto dengan latar pemandangan yang Instagramable.

9. Ngopi Serius

Alamat: Jl. Melati No.7, Purwosari, Solo belakang RS Kasih Ibu, Kota Surakarta

Jam Operasional: Buka setiap hari dari pukul 16.00 sampai 00.00 WIB. 

Bagi kamu yang nongkrong bersama teman-teman akan semakin lengkap dan nikmat jika dilakukan sambil ngopi. Salah satu tempat nongkrong di Solo yang patut kamu kunjungi adalah Ngopi Serius.

Di Ngopi Serius menyajikan berbagai aneka kopi yang tentu bisa memanjakan para pencinta kopi. Berbagai aneka makanan lezat juga bisa dipesan untuk menemani kamu dan teman-teman ataupun keluarga. 

10. Kedai Tenda Daun

Alamat: Jl. Kahuripan Timur 3 No.19, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta

Jam Operasional: Buka setiap hari dari pukul 09.30 sampai 23.00 WIB. 

Menyantap makan di kedai yang mengusung konsep alam terbuka pasti jadi suatu hal yang menyenangkan. Hal tersebut bisa kamu lakukan di Kedai Tenda Daun, tepatnya di Kota Solo, Jawa Tengah. 

Di cafe yang berlokasi di Banjarsari, tepatnya belakang KPUD Surakarta ini pengunjung bisa menikmati waktu dengan bersantai di bawah pohon rindang. Cahaya lampu yang berjejer di pepohonan dan sekitarnya di malam hari tentu akan menghadirkan suasana romantis dan cocok dijadikan tempat berfoto. 

Itulah ulasan mengenai tempat nongkrong di Solo. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik