Roy Suryo dan Andi Asrun Debat soal Arti Kaesang Nebeng Jet Pribadi, Effendi Gazali sampai Buka KBBI

Roy Suryo dan Andi Asrun Debat soal Arti Kaesang Nebeng Jet Pribadi, Effendi Gazali sampai Buka KBBI

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 21:00
share

JAKARTA, iNews.id - Pakar Telematika, Roy Suryo berdebat dengan Pakar Hukum Tata Negara Prof Andi Asrun soal Kaesang Pangarep nebeng jet pribadi ke Amerika Serikat (AS). Keduanya menafsirkan arti nebeng yang disebut Kaesang. 

Awalnya Roy Suryo mengatakan jika disebut nebeng maka pemilik jet pribadi ikut bersama Kaesang, Erina Gundono, kakak Erinda dan ADC. 

"Artinya tidak benar nebeng karena tidak ada pemilik pesawat ikut," kata Roy Suryo dalam acara Rakyat Bersuara: Membaca Fenomena Agak Laen, Selasa (17/9/2024).

Prof Andi Asrun langsung menyanggah pernyataan Roy Suryo. Menurut Andi Asrun, nebeng bisa saja pemilik jet pribadi tidak ikut tapi menyuruh pilot. 

"Bisa saja orang (pemilik) tidak ikut tapi ada pilotnya kenapa harus ikut (pemilik)?" katanya.

Andi Asrun mencontohkan jika dirinya memiliki motor lalu dipakai Roy Suryo ke pasar artinya pinjam. Namun jika ada orang dekatnya ikut Roy Suryo artinya nebeng. 

"Kalau saya punya motor terus Anda (Roy Suryo) pakai ke pasar itu pinjam. Tapi kalau ada orang saya yang ikut bisa saja itu nebeng," kata Andi Asrun.

Sementara itu, Politikus PDIP Adian Napitupulu juga ikut menimpali. Menurut Adian, arti nebeng yang diucapkan Andi Asrun salah. 

"Nebeng itu nggak muter-muter, langsung ke tujuan. Eh gue nebeng dong, lu mau ke Depok kan," katanya. 

Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gazali sampai membuka kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) untuk mencari arti nebeng. 

"Saya buka KBBI, nebeng itu ikut serta (makan, naik kendaraan, dan sebagainya) dengan tidak usah membayar. Kalau nebeng pemilik harus ikut," katanya. 

Sebelumnya, Kaesang Pangarep mendatangi KPK untuk mengklarifikasi jet pribadi. Dia menyebut hanya menumpang pesawat temannya saat keberangkatan ke AS pada 18 Agustus 2024. 

"Numpang atau bahasa bekennya nebeng pesawatnya temen," kata Kaesang di KPK, Selasa (17/9/2024). 

Dia enggan menjelaskan lebih rinci soal penggunaan jet pribadi itu. Kaesang menyerahkannya kepada KPK.

"Saya kira itu saja, saya lanjut kerja dulu," katanya.

KPK mengungkap biaya tiket perjalanan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat. Biaya satu penumpang jet pribadi Rp90 juta per orang. 

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebutkan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menaiki jet pribadi bersama istrinya Erina Gudono, kakak Erina, dan seorang staf.

“Jadi Kaesang, istrinya, kakak istrinya jadi kira-kira Rp90 juta. Kalau berempat, kira-kira Rp360 juta kalau ditetapkan milik negara,” kata Pahala.

Topik Menarik